Koramil 1015-04/Tbs Hadiri Penebaran Benih Ikan

KATINGAN – Babinsa Koramil 1015-04/Tbs, Serda M Saifudin dan Prada Aditiya wahyu pratama menghadiri Acara Penaburan bibit ikan oleh Bupati katingan Bapak sakariyas S.E Di Danau mare kec.katingan Tengah, Senin (30/11.

Gagasan tersebut berawal dari musyawarah antara perangkat kec.katingan Tengah, Babinsa dan warga masyarakat kec.katingan Tengah, yang menganggap ada suatu permasalahan stok ikan di perairan umum semakin mengalami tekanan yang tinggi dari berbagai sumber, antara lain akibat pencemaran, penggundulan hutan, konservasi lahan pertanian dan perkebunan menjadi pemukiman penangkapan ikan secara berlebihan.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

Babinsa Koramil 1015-04/Tbs menyampaikan manfaat kan dan dikelola dengan baik sebagai penambah gizi untuk kesejahteraan masyarakat hidup sehat. Ditunjuk langsung Babinsa sebagai Pengawas dan pengendalian pengelolaan Restocking. Dilarang mengambil ikan dengan alat setrum, obat dan jaring yang di bawah ukuran 2 inchi Tetap menjaga dan memelihara Ekosistem.

“Berkat kerjasama dengan instansi dapat respon yang sangat positif sehingga terlaksana upaya penambahan stok ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum, pada perairan yang dianggap telah mengalami krisis akibat padat tangkap atau tingkat pemanfaatanya berlebihan( RESTOCKING),” katanya.

BACA JUGA:   Kodim 1014/Pbn Tanam 600 Pohon

Komandan Koramil 1015-04/Tbs Letda Inf Paino secara terpisah mengatakan mengembalikan fungsi peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang meningkatkan stok populasi ikan di perairan umum dalam rangka pengelolaan sumber daya perikanan melalui pengendalian dan pemanfaatan yang berpedoman pada kaidah – kaidah pelestarian sumber daya hayati perairan.

Untuk melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan di perairan umum. Meningkatkan produksi ikan di perairan umum guna pemenuhan gizi bagi masyarakat. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perairan umum. (rls)