Dewan Dorong Petani dan Peternak Harus Produktif

IST/BERITA SAMPIT -Sugianto

KASONGAN – Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kabupaten Katingan, Sugianto mengungkapkan sekarang ini bagaimana upaya untuk menyikapi persoalan ekonomi yang lesu, tentu pemerintah harus punya cara dan terobosan tersendiri.

Misal saja ketika masyarakat menggeluti berbagai bidang misalnya pertanian dan peternakan mestinya harus dimaksimalkan pembinaan terhadap petani atau peternak itu sendiri, sehingga mereka bisa menjadi petani atau peternak yang berhasil atau produktif.

Karena kata Imanudin, perlu banyak cara untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat masa kini, termasuk dalam menggeliatkan usaha perkebunan, peternakan, pertanian hingga perikanan itu tadi.

BACA JUGA:   Budy Hermanto Ajak Pemuda Perangi Narkoba

“Tentu saja bagi yang menggeloti bidang itu supaya terlihat berhasil perlu dukungan dari pemerintah daerah secara maksimal,” ungkap Sugianto, Rabu 2 Desember 2020.

Menurutnya, bahwa lesunya perekenomian masyarakat saat ini banyak penyebabnya, mulai dari sulitnya mencari lapangan pekerjaan, serta tidak beroperasinya lagi perusahaan yang biasanya menampung karyawan untuk bekerja.

Terlepas dari dukungan untuk menghasilkan hasil perkebunan, pertanian, peternakan maupun perikanan juga, pemerintah juga harus memperhatikan akses trasportasi mereka, supaya memudahkan mobilitas untuk menjual hasil kebun maupun pertanian, peternakan dan perikanan tersebut.

BACA JUGA:   Pengurus MUI Katingan yang Baru Diharapkan Bisa Menyejukkan Hati Masyarakat

“Tentu saja masyarakat berharapa semuanya bisa berjalan bersama-sama, pembangunan bidang infrastruktur jalan, bidang lainnya juga jalan, supaya dapat selaras dan berkesenambungan. Mereka menjual hasil pertanian lancara karena ada akses yang nyaman,” ujarnya.

Sugianto mengatakan berkenaan dengan infrastruktur sendiri juga tidak lepas dari upaya pemerintah untuk membuka keterisolasian terutama bagi daerah yang belum tembus jalan desa satu ke desa lain.

“Nah sementara yang sudah tembus (jalan) itukan tinggal peningkatannya saja, ketika masyarakat membutuhkan jalan yang baik semuanya bisa dipenuhi pemerintah,” tandasnya.

(Kawit/beritasampit.co.id)