Hari Disabilitas Internasional 2020, Bamsoet Minta Pemerintah Sejahterakan Kaum Disabilitas Tanah Air

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Dok Pribadi).

JAKARTA– Hari Disabilitas Internasional (HDI) akan diperingati pada 3 Desember 2020. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap pemerintah dapat memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk ikut serta membangun bangsa.

“Meminta pemerintah untuk memperjuangkan hak-hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas di semua bidang dan pembangunan, baik di aspek politik, sosial, ekonomi, maupun budaya,” tutur Bamsoet, Selasa, (3/12/2020).

BACA JUGA:   Lestari Moerdijat: Perlu Lompatan Besar Mewujudkan Peningkatan Peran Perempuan

Untuk itu, Bamsoet bilang pemerintah membuat infrastruktur, sarana, dan prasarana yang ramah difabel, baik di tempat-tempat wisata, tempat publik, sekolah, rumah ibadah, hingga perkantoran.

“Agar kaum disabilitas juga dapat dengan mudah menikmati kesempatan dan hak yang sama dengan orang lain, sebagaimana diatur dalam UU No. 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas,” tandas Bamsoet.

BACA JUGA:   Kabar Duka, Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia

Selain itu, politisi Golkar itu mendorong pemerintah agar dalam pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), dan dalam kerangka kerja pembangunan internasional.

“Implementasinya dapat memajukan dan memenuhi hak-hak dan kesejahteraan penyandang disabilitas,” pungkas Bambang Soesatyo.

(dis/beritasampit.co.id)