Hari Bakti PU Ke 75, Bupati Kobar Apresiasi Kinerja Dinas PUPR Sebagai Pembangun Kobar

MAN/BERITA SAMPIT - Acara Workshop Dinas PUPR Kabupaten Kobar sekaligus Syukuran Hari Bakti PU Ke 75 tahun.

PANGKALAN BUN – Pada momentum Hari Bakti PU Ke 75 tahun yang jatuh pada Kamis 3 Desember 2020, Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah memberikan apresiasi kepada Dinas PUPR Kobar yang telah bekerja keras sebagai pembangun Kabupaten Kobar.

“Kita semua telah tahu bahwa Dinas PUPR memiliki kemampuan yang luar biasa dalam kinerjanya, sebagai pembangun dasar Kabupaten Kotawaringin Barat, antara lain insfrastuktur dan konsorsium akses pembukaan jalan di pelosok desa,” ujar Nurhidayah.

Hal ini disampaikan Nurhidayah saat memberi sambutan pada acara workshop Pendampingan Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kobar, Kamis 3 Desember 2020. Acara tersebut sekaligus syukuran Hari Bakti PU ke 75 tahun yang digelar jajaran Dinas PUPR Kabupaten Kobar, di Cafw Quizas Pangkalan Bun yang ketat menerapkan protokol kesehatan.

BACA JUGA:   PKK Kobar Ukir Prestasi di Tengah Pandemi Covid-19

Sementara itu, disampaikan Nurhidayah, bahwa pengendalian lingkungan adalah suatu permasalahan yang harus diupayakan guna mewujudkan lingkungan yang sehat, dan salah satu upaya penting dalam pengendalian lingkungan adalah bagaimana penanganan limbah domestiknya.

“Pemerintah dalam hal ini memiliki peran sebagai penata tupoksi kelembagaan dan koordinasi antar instansi pemerintah agar tidak terjadi tumpang tindih kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan air limbah domestik, seperti dalam hal penyelenggaraan sarana dan prasarana, dalam hal ini sepatutnya dipertegas dengan adanya regulasi yang ditetapkan melalui kebijakan resmi yang tertuang dalam peraturan daerah,” jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Kobar akan mengatur pengelolaan air limbah domestik melalui Perda. Tujuannya untuk menghindari pencemaran air tanah, sungai dan sumber mata air lainnya, meningkatkan kualitas sanitasi, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dan untuk meningkatkan pelestarian lingkungan hidup.

BACA JUGA:   Usai Salat Jumat, Kapolres Kobar Imbau Jamaah Untuk Mencegah Covid-19

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kobar Dr. Juni Gultom, ST., MT mengatakan, keberhasilan sebagai pembangun berkat dukungan semua pihak, baik dijajaran Pemerintah Daerah juga dari para stakeholder, BUMN dan para rekanan.

“Termasuk dari dukungan rekan-rekan wartawan yang selama ini banyak membantu memberikan semangat membangun kepada jajaran kinerja kami,” kata Juni Gultom, saat diwawancara sejumlah awak media usai acara.

Kegiatan workshop juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Kobar, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Kalimantan Tengah, Pimpinan BRI dan Bank Kalteng Cabang Pangkalan Bun, Pimpinan hotel dan restaurant, Real Estate Indonesia (REI) Pangkalan Bun, beserta tim penyusun Pokja dan Dinas PUPR Kobar. (Man/beritasampit.co.id).