Memangsa Ternak, Ular Piton Sepanjang 4,5 Meter Ditangkap Warga Tidar

IST/BERITA SAMPIT - Lima orang warga menangkap ular piton sepanjang 4,5 meter, di komplek perumahan Tidar 4, Kamis 03 Desember 2020.

SAMPIT – Warga Komplek Perumahan Tidar 4 Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), menangkap ular piton yang masuk kandang ayam. Ular piton sepanjang sekitar 4,5 meter ini diamankan saat baru saja memangsa 4 ekor ayam milik Abdi (50).

Saat dihubungi, Abdi menyebutkan ia bersama anak dan tetangganya menangkap ular di dalam kandang ayam sekitar pukul 7.30 Wib kamis 03 Desember pagi. Awalnya dia mendengar suara gaduh di kandang samping rumahnya.

BACA JUGA:   Organda Siap Koordinir Anggota Perbaiki Jalan Lingkar Selatan, Bupati Kotim: Sekarang Kita Bisa Terbitkan Surat Resminya

“Saat tertangkap di dalam kandang, ular ini sedang memangsa 4 ekor saya, sebelumnya kami sudah sering kehilangan ayam, mungkin ular ini pelakunya,”ujar Abdi

Piton ini diduga berasal dari habitatnya di kawasan semak belukar yang tidak jauh dari belakang kadang ayam milik warga. Setelah tertangkap, ular bernama latin Phyton reticulatus ini disimpan di dalam karung berukuran besar.

BACA JUGA:   Supian Hadi: Jangan Jauhi Wartawan, Karena Memiliki Peran Penting

Sementara mengetahui ada laporan dari warga yang menangkap ular piton sepanjang 4,5 meter, Pos Jaga Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Sampit, sorenya menuju lokasi dan mengamankannya.

“Ini kita amankan ularnya, selanjutnya akan kita lepas liarkan di kawasan yang layak dan jauh dari pemukiman warga,” kata, Komandan Pos Jaga BKSDA Sampit, Muriansyah.

(Cha/beritasampit.co.id)