Papua Barat Merdeka, DPR: Sayangkan Sikap Jokowi Tidak Tegas Tegakkan Kedaulatan NKRI

Ilustrasi Papua Barat Merdeka.

JAKARTA– Anggota DPR RI Irwan Fecho menyayangkan sikap presiden Joko Widodo yang terkesan abai tidak merespon cepat tindakan Ketua Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat (ULMWP) Benny Wenda yang telah mendeklarasikan kemerdekaan Papua Barat pada Selasa, (1/12/2020).

“Menyayangkan sikap Presiden yang belum merespon langsung deklarasi tersebut dengan pernyataan dan tindakan yang tegas guna menegakkan kedaulatan NKRI,” tegas Irwan, Kamis, (3/12/2020).

BACA JUGA:   Jadikan Tahun Baru 2021 Sebagai Momentum Kebangkitan Kehidupan Berbangsa

Politisi Demokrat itu mendesak keras pemerintah segera menghentikan aksi provokasi, agar masyarakat Indonesia Timur, khususnya masyarakat Papua Barat dapat hidup tenang dan damai tanpa isu-isu liar yang mengancam disintegrasi bangsa.

“Papua Barat adalah bagian dari kedaulatan NKRI yang sah dan tidak boleh diklaim dan digangu gugat pihak manapun termasuk Benny Wenda,” imbuh Irwan.

BACA JUGA:   Tersangka, Gisel Akui Video Seks Direkam Saat Masih Jadi Istri Sah Gading Marten

Irwan bilang masyarakat Papua Barat adalah bagian dari seluruh rakyat Indonesia dan menolak adanya provokasi pemisahan dari negara Indonesia.

“Saya juga mendorong pemerintah terus hadirkan pemerataan dan percepatan pembangunan di Papua Barat dan Papua. Kemajuan dan kesejahteraan yang berkeadilan di tanah air merupakan jalan persatuan bangsa ini. Itulah sejatinya perwujudan dari nilai-nilai Pancasila,” pungkas Irwan Fecho.

(dis/beritasampit.co.id)