Bupati Lamandau: Sorgum Akan Tumbuhkan Usaha Tani yang Baru

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Lamandau H Hendra Lesmana saat panen Sorgum di Desa Jangkar Prima Kecamatan Sematu Jaya.

NANGA BULIK – Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana panen tanaman sorgum di lahan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Desa Jangkar Prima Kecamatan Sematu Jaya, Jumat 4 Desember 2020

Sorgum sebagai tanaman yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, dan juga bisa digunakan sebagai pangan ternak dan bahan baku industri. Sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi dan jelai.

Hendra Lesmana mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah akan terus mendorong para petani dan kelompok tani untuk mengembangkan usaha tani sesuai dengan permintaan pasar.

BACA JUGA:   Persiapan Nataru, Polres Lamandau Siapkan Empat Pos Pelayanan

“Pemerintah Daerah akan selalu mendorong Inisiatif dan inovasi, bagaimana upaya untuk menciptakan komoditas-komoditas unggulan yang berbasis lingkungan untuk bisa tercipta di Kabupaten Lamandau,” ucap Hendra.

Untuk menciptakan dan mengembangkan produk unggulan, kata Hendra, para petani harus mengetahui lebih dulu pasar yang akan menampung produk-produk sorgun.

“Kita harus tahu keberlangsungan hasilnya. Nanti apakah dapat diserap oleh pasar. Sorgum juga merupakan salah satu ide bagus, dimana hasilnya bisa digunakan untuk kebutuhan pangan, batangnya untuk pakan ternak. Ini nantinya dapat dikembangkan secara luas di kabupaten lamandau,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Bupati Ingatkan, RSUD Lamandau Harus Selalu Berikan Pelayanan Terbaik

Dalam kesempatan tersebut, Hendra Lesmana juga memberikan apresiasi kepada KTNA yang telah memberi contoh nyata dalam mengembangkan sorgum dan untuk dinas terkait dapat menindaklanjuti pengembangan tanaman sorgum tersebut.

Dalam acara tersebut, turut hadir juga Kapolres Lamandau, Kepala OPD terkait, Camat Sematu Jaya, Kades, Ketua KTNA Kabupaten Lamandau dan kelompok Tani. (Andre/beritasampit.co.id).