Hijaukan Embung Tampenek, 50 Bibit Pohon Ditanam

PENANAMAN : ENN/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Sukamara Ahmadi saat menanam pohon di Embung Tampenek.

SUKAMARA – Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV memberikan bantuan sebanyak 50 bibit pohon ke Pemerintah Kabupaten Sukamara untuk ditanam di lokasi Embung Tampenek.

Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV, Dwi Cahyo Handono Setyawan melalui perwakilannya, Alfiu Sifu mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka memperingati hari bakti PU ke-75.

“Peringatan Hari Bakti ini juga dilaksanakan serentak diseluruh BBWS/BWS pada 5 Desember 2020 yang dipusatkan di Bendungan Gondang Provinsi Jawa Tengah yang dihadiri oleh bapak Menteri PUPR,” kata Alfiu.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Targetkan Lima Siswa Dapatkan Beasiswa ke Luar Negeri 

Dijelaskan oleh Alfiu, ada 1.050 bibit pohon yang akan ditaman pada peringatan Hari Bakti PU ke-75 Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV.

“BWS Kalimantan IV mendapat 500 bibit, BPDASHP Khayan mendapat 500 bibit dan Pemkab Sukamara mendapat 50 bibit,” ucap Alfiu.

Jenis pohon yang ditanam adalah pohon ketapang, jambu kristal, mahoni, durian, kelapa, belangeran, rambutan, cempedak dan sengon. Dengan Lokasi kegiatan menanam pohon di area Embung Tampenek.

BACA JUGA:   DLH Sukamara Terus Upayakan Tingkatkan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup 

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengajak masyarakat berperan aktif dalam upaya konservasi sekaligus pengembangan potensi ekonomi lokal di sekitar Embung Tampenek.

“Kegiatan ini dilakukan tanpa mengganggu fungsi utama Embung sebagai tampungan air dan dapat bernilai lebih besar bagi masyarakat disamping air baku dan pengendalian banjir,” tukas Alfiu. (enn/beritasampit.co.id).