Tenaga Medis Meninggal Karena Corona Bertambah, Pimpinan MPR: Mereka Pahlawan Kesehatan Indonesia

Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan. Dok: Istimewa

JAKARTA– Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan menyampaikan belasungkawa dan prihatin yang mendalam atas bertambahnya jumlah dokter yang wafat karena corona.

Dalam rentang waktu 24 jam pada Sabtu (5/12/2020), Indonesia kembali kehilangan sembilan dokter senior akibat Covid-19.

Dalam catatan Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengumumkan pembaruan data tenaga medis yang wafat akibat Covid-19. IDI mencatat sejak Maret hingga Desember 2020, total petugas medis dan kesehatan yang wafat akibat Covid-19 mencapai 342 orang.

IDI juga menyebut, tenaga medis dan kesehatan yang wafat tersebut terdiri dari 192 dokter, 14 dokter gigi, dan 136 perawat

BACA JUGA:   Polri Siap Amankan Rumah Kosong Saat Periode Mudik Lebaran 2024

“Wafatnya para tenaga medis dan kesehatan adalah kehilangan besar bagi bangsa Indonesia,” tandas Syarief.

Anggota Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat lantas mengingatkan Pemerintah terkait potensi kenaikan kasus, karena sampai saat ini belum ada tanda2 melandainya Pandemi Covid-19.

“Pemerintah harus mampu memperkirakan potensi kasus, memitigasi penyebaran, dan meminimalisir tingkat kematian akibat corona,” ujar dia.

Syarief bilang pemerintah harus lebih mengutamakan lebih dahulu pencegahan dan memerangi pndemiCovid-19. Apalagi, Kementerian Kesehatan telah memperkirakan akan terjadi gelombang kasus kedua akibat Pandemi Covid-19.

“Kita sudah kehilangan terlalu banyak rakyat dan tenaga medis sehingga Pemerintah harus lebih ketat dan tegas dalam melaksanakan protokoler kesehatan dan melindungi seluruh rakyat Indonesia,” kata Syarief.

BACA JUGA:   Ramadan Tiba, Legislator Golkar Dorong Pemda Jaga Stabilitas Harga Pangan

Mesti begitu, Syarief mengingatkan kepada rakyat untuk patuh terhadap protokoler kesehatan, selalu memakai masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan, serta menjaga pola hidup yang bersih dan sehat.

“Daya mengapresiasi kerja keras dari para tenaga medis dan kesehata Indonesia. “Kami dari Fraksi Partai Demokrat menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas kerja keras, para tenaga medis dan kesehatan yang terus merawat pasien Covid-19. Mereka adalah pahlawan kesehatan Indonesia,” pungkas Syarief Hasan.

(dis/beritasampit.co.id)