DLH Kotim Lakukan Penghijauan RHL Bergambut di Desa Rawa Sari

CEK LAPANGAN  : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Sekretaris DLH Kotim beserta jajarannya saat turun lapangan melihat langsung penanaman bibit sengon di lahan bergambut Desa Rawa Sari, Kecamatan Pulau Hanaut.

SAMPIT – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), telah melakukan penghijauan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) bergambut di luar kawasan hutan. Salah satunya di Desa Rawa Sari, Kecamatan Pulau Hanaut. Luasan lahan 24 hektare.

Kepala DLH Kotim Sanggul L Gaol melalui Sekretaris Susiawati mengatakan, penghijauan RHL bergambut itu sebelumnya sudah dilaksanakan dan sebagai tindak lanjutnya diverifikasi.

BACA JUGA:   Dua Spesialis Curanmor di Sampit Dibekuk Polisi

“Hasil verifikasi bahwa lahan seluas 24 hektare itu sudah ditanam dengan bibit-bibit sengon, bibit itu merupakan bantuan hibah kepada kelompok tani sengon,” ucap Susiawati kepada wartawan beritasampit.co.id, usai meninjau lapangan, Senin 7 Desember 2020.

Dia menjelaskan, bantuan bibit sengon itu untuk satu hektare diberikan 1100 bibit. Jumlah lahan yang di rehabilitasi untuk tanaman sengon 24 hektare.

BACA JUGA:   Disdik Kotim Keluarkan SE Liburan Sekolah Selama Ramadan 1445 Hijriah

“Tanggung jawab DLH Kotim tidak hanya memberikan bantuan hibah bahkan dari segi pemeliharaan selama dua tahun kedepannya,” ujar Susiawati yang juga pernah menjabat Camat Mentaya Hilir Utara ini.

Selanjutnya, tambahnya,  DLH Kotim kedepannya akan melakukan evaluasi kembali. “Evaluasi diadakan sekitar Pebruari 2021 mendatang,” tandasnya. (ifin/beritasampit.co.id).