Pemahaman Masyarakat terhadap Vaksinasi harus Ditingkatkan

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. Dok: Istimewa

JAKARTA– Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (Rerie) mengatakan bahwa pemahaman masyarakat terhadap proses vaksinasi harus terus ditingkatkan, agar pengendalian Covid-19 di Tanah Air bisa terlaksana dengan baik.

“Kita bersyukur vaksin itu telah tiba, namun yang terpenting saat ini adalah kesiapan kita dalam mengaplikasikan vaksin tersebut,” ujar Rerie, Selasa, (8/12/2020).

Rerie bilang pengaplikasian vaksin merupakan tahapan pengendalian Covid-19 yang sangat menentukan, selain konsisten dan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Rerie, meyakini pemerintah sudah memiliki skema dan rencana pengaplikasian vaksin tersebut.

Legislator Partai NasDem itu menegaskan, rangkaian sosialisasi terkait teknis pelaksanaan dan distribusi vaksin harus konsisten, agar para pelaksana di lapangan memahami apa yang harus dilakukan saat pengaplikasian vaksin Covid-19 itu.

Di sisi lain, tegas Rerie, protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun, harus menjadi norma baru dalam keseharian masyarakat dan tidak boleh kendur walau nanti tanpa sanksi.

“Meski vaksin sudah ada, tidak berarti kita leluasa seperti masa sebelum pandemi,” ujarnya.

Mesti begitu, Rerie meminta agar pemerintah mewaspadai dampak dari euforia datangnya vaksin, seperti kemungkinan terjadinya pemalsuan vaksin.

“Perlu mengedukasi masyarakat agar tidak terjebak menggunakan vaksin palsu.l,” pungkas Lestari Moerdijat.

(dis/beritasampit.co.id)