Ini Program Mina Irawati Sebagai Bunda PAUD Kobar Berprestasi

PENGANUGERAHAN : IST/BERITA SAMPIT - Mina Irawati (kiri), saat mendapatkan penganugerahan Bunda PAUD berprestasi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

PANGKALAN BUN – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Mina Irawati telah berhasil meraih dan mendapatkan penganugerahan Bunda PAUD berprestasi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Sebagai Bunda PAUD berprestasi, Istri Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah ini juga telah menyusun program kerjanya, yang merupakan penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini (0-6 tahun) di seluruh Kabupaten Kobar.

“Setelah pengukuhan Pokja Bunda PAUD September 2020 lalu, semua program kerja sudah kita susun dan dilaksanakan bersama dengan seluruh Pokja Bunda PAUD se-Kabupaten Kobar,” kata Mina Irawati kepada beritasampit.co.id usai pencoblosan dalam pemilihan Kepala Daerah Kalteng, Rabu 9 Desember 2020.

Ada 3 poin prioritas program kerja Pokja Bunda PAUD Kabupaten Kobar, yakni yang pertama, Jelajah Bunda PAUD Kobar. Mina mengatakan, bahwa pihaknya siap jemput bola ke desa-desa terpencil, khususnya di daerah 3 T (Terluar, Terdalam dan Tertinggal). Selain itu juga siap memfasilitasi dengan memberdayakan lintas sektoral dari kecamatan, kelurahan dan desa melalui jejaring kemitraan.

BACA JUGA:   Kadis Kesehatan Kobar Tegaskan Siap Disuntik Vaksin Pertama

Kemudian yang kedua, melalui Parenting Ceria, yakni melibatkan peranan orang tua selain guru, agar orang tua merasa memiliki kemampuan dan kecerdasan dalam menerapkan pola asuh anak yang lebih baik dan mandiri.

Program prioritas yang ketiga adalah mendirikan rumpin (Rumah Pintar) untuk berkarya dengan berbagai keahlian dan teori di rumah baca milik TP PKK Kabupaten Kobar yang sekaligus sebagai kantor sekretariat Pokja Bunda PAUD Kabupaten Kobar.

Sementara itu, Mina Irawati mengatakan bahwa untuk memberikan semangat guru PAUD kelurahan/desa kedepannya akan selalu disupport dan banyak program-program Pokja Bunda PAUD yang telah melibatkan guru-guru PAUD di Kobar.

BACA JUGA:   Rentenir di Kobar Masa Pandemi Covid-19 Laris

“Harapan saya mereka terus semangat dan berkarya serta bisa menciptakan inovasi-inovasi yang terbaik agar lembaga-lembaga PAUD di Kobar semakin maju dan berkualitas,“ tutur Anggota DPRD Kobar Fraksi PDI Perjuangan ini.

Selain itu dia berharap ada kebijakan alokasi anggaran yang lebih untuk penyelenggaraan PAUD. “Bukankah layanan PAUD adalah pondasi pendidikan anak bangsa, namun insentif guru PAUD khususnya yang non formal kurang diperhatikan dalam hal anggaran,” kata Ketua TP PKK Kabupaten Kobar ini.

Adapun prestasi yang telah diraih Bunda PAUD Kabupaten Kobar, yaitu berhasil meraih peringkat pertama Apresiasi Bunda PAUD tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Kemudian Kabupaten Kobar juga meraih Juara ke III untuk Gugus PAUD Tingkat Provinsi Kalteng tahun 2020. (Man/beritasampit.co.id).