Ma’ruf Cahyono Ajak Generasi Muda Syiarkan Nilai-nilai Kebangsaan

Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono didampingi Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi MPR Siti Fauziah, serta Kepala Bagian Pemberitaan, Hubungan Antar Lembaga MPR Budi Muliawan dalam acara Ngobrol Bareng Warganet Jakarta, Selasa (8/12/2020). Dok: Istimewa

JAKARTA– Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono mengajak para Netizen DKI Jakarta untuk bersama-sama Lembang MPR RI gaungkan nilai-nilai Empat Pilar kepada lintas generasi.

“Keterlibatan Netizen dalam menyampaikan Empat Pilar MPR kepada generasi muda diharapkan lebih efektif,” ujar Ma’ruf saat acara Ngobrol Bareng Warganet Jakarta, Selasa (8/12/2020).

Acara tersebut dihadiri Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi MPR Siti Fauziah, serta Kepala Bagian Pemberitaan, Hubungan Antar Lembaga MPR Budi Muliawan.

Ma’ruf mengatakan gaya dan bahasa para netizen untuk sosialisasikan Empat Pilar kepada masyarakat bisa dimengerti. Sehingga perilaku kehidupan sehari-hari menjadi contoh bagi masyarakat dan generasi muda pada umumnya.

“Netizen menjadi mulia pada saat mereka memberikan pesan yang mulia, salah satunya adalah pesan-pesan Empat Pilar. Seperti seorang guru yang sedang mendidik murid-muridnya,” ujar Ma’ruf.

Empat Pilar MPR, kata Ma’ruf, adalah satu metode menerapkan nilai-nilai luhur bangsa, yaitu, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan bhinneka tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Sosialisasi Empat Pilar yang dilakukan MPR merupakan perintah dari Undang Undang Tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD.

“Jadi, kalau kita kumpul di tempat ini, berarti kita tengah menjalankan amanat negara. Karena itu manfaatkan kesempatan yang terbatas ini, untuk menggali dan mencari tahu lebih mendalam tentang Empat Pilar, kemudian sampaikanlah apa yang didapat di sini kepada masyarakat, sesuai konteks peristiwa yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Ma’ruf Cahyono.

Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi MPR Siti Fauziah berharap para netizen yang ikut serta dalam acara Ngobrol Bareng Warganet Jakarta, bisa menyampaikan pesan-pesan Empat Pilar MPR kepada followers akun media sosial masing-masing.

“Banyak ide yang bisa dituliskan terkait Empat Pilar MPR, disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya menyangkut gotong royong dan tolong menolong yang bisa dibangkitkan selama pandemi Covid 19, sekarang ini,” ujar Siti Fauziah.

Harapan serupa disampaikan Kepala Bagian Pemberitaan, Hubungan Antar Lembaga dan Layanan Informasi Budi Muliawan (Wawan) yang meyakini, para netizen bisa menyampaikan pesan Empat Pilar dengan baik. Yaitu, pesan-pesan positif dan juga nilai-nilai kebaikan yang patut disampaikan kepada masyarakat.

Karena, menurut Wawan, dengan menyampaikan pesan positif dan nilai-nilai kebaikan bisa meminimalisir kemungkinan maraknya berita hoax yang terjadi masyarakat.

“Selamat menyebar info baik dan nilai-nilai kebaikan. Semoga dengan begitu kita bisa menambah rasa optimisme di tengah masyarakat, khususnya dalam menghadapi kondisi pandemi saat ini,” tandas Budi Muliawan.

(dis/beritasampit.co.id)