Ketua DPD RI: Semua Pihak Kelelahan Hadapi Dampak Pandemi Covid-19

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dalam acara refleksi akhir tahun DPD RI bertajuk "Peran DPD Dalam Percepatan Pembangunan dan Pemulihan Ekonomi Daerah di Masa Pandemi" di Kota Serang, Banten, Jumat malam (11/12/2020). Dok: Istimewa

SERANG– Grafik jumlah kasus positif pandemi Covid-19 sepanjang tahun 2020 ini belum terlihat adanya gejala pelandaian.

Hal itu disampaikan Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dalam acara refleksi akhir tahun DPD RI bertajuk “Peran DPD Dalam Percepatan Pembangunan dan Pemulihan Ekonomi Daerah di Masa Pandemi” di Kota Serang, Banten, Jumat malam (11/12/2020) saat membuka Refleksi Akhir Tahun Pimpinan dan Alat Kelengkapan Dewan DPD RI bersama Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP).

LaNyalla menguraikan, kasus positif Covid-19 per tanggal 8 Desember 2020 mencapai 582 ribu kasus. Dalam pandanganya, pemerintah sudah  kelelahan menghadapi dampak pandemi Covid-19.

BACA JUGA:   Komnas KIPI: Sejauh Ini, Semua Laporan KIPI Bersifat Ringan

“DPD RI juga menangkap kelelahan semua pihak dalam menghadapi dampak pandemi ini,” kata LaNyalla.

Meski demikian, lanjutnya, DPD RI mengapresiasi langkah yang ditetapkan pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19 maupun dampaknya di berbagai sektor terutama sektor kesehatan.

“Di sisi lain, begitu besarnya ekses terjangan Covid-19 bagi kehidupan masyarakat menjadikan DPD RI harus secara kontinu mencermati perkembangan penanganan dampak Covid-19 di berbagai sektor. Khususnya, pariwisata, pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan kesejahteraan sosial,” urainya.

Senator Jawa Timur ini juga menyinggung perihal masuknya vaksin Sinovac yang menjadi secercah harapan untuk masyarakat Indonesia guna menekan penyebaran virus mematikan dari Wuhan, China tersebut.

BACA JUGA:   Jangan Lengah Karena Vaksin, Tetap Disiplin Protokol Kesehatan

“Salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 adalah dengan mendatangkan vaksin Sinovac, walaupun belum mencukupi, namun kita berharap semoga upaya ini dapat mengatasi pandemi Covid-19,” katanya.

LaNyalla berharap agar virus Covid-19 ini bisa ditekan oleh pemerintah agar perekonomian Indonesia yang terpuruk akibat pandemi ini dapat segera pulih.

“Tentunya kita semua berharap bahwa Covid-19 dapat segera dikendalikan penyebarannya, dan pengalaman satu tahun terakhir dalam menangani dampak pandemi Covid-19 menjadi pelajaran bagi kita semua, sehingga penanganan ke depan lebih solutif secara efektif,” tutupnya.

(dis/beritasampit.co.id)