MUI Katingan Gelar Musda Ke IV

MUSDA MUI : ANNAS/BERITASAMPIT - Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang saat membuka kegiatan di Gedung Salawah Kasongan, Senin 14 Desember 2020.

KASONGAN – Wakil Bupati Katingan Sunardi N T Litang membuka pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Ke IV Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Katingan, di Gedung Salawah Kasongan, Senin 14 Desember 2020.

Wadah Musyawarah para Ulama Zu’ama dan Cendekiawan Muslim tersebut dihadiri Wakil Ketua MUI Provinsi Kalteng KH Chairudin Halim, Ketua MUI Katingan H Mahjumi dan sejumlah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Katingan.

Kemudian, diikuti peserta sebanyak 63 peserta terdiri dari pengurus MUI Kecamatan Se-Kabupaten Katingan, Ormas Islam PC NU, Pimpinan Muhammadiyah, Pengurus MUI Provinsi Kalteng, Dari Pondok Pesantren, dan Pengurus MUI Kabupaten Katingan.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Katingan Sunardi NT Litang, menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran pengurus MUI atas perannya yang menjadi jembatan komunikasi antara ulama dan pemerintah atas kontribusi dalam mencerdaskan umat. Sehingga terbangun hubungan yang harmonis dan kondusif, bukan hanya di internal umat islam tapi juga kerukuman antara umat islam.

Menurutnya dalam perjalannya, MUI telah menjadi tenda besar umat islam, sebagai pelayanan umat dengan komitmen dan peran yang telah teruji dalam membimbing, membina dan mengayomi umat islam dimanapun berada.

BACA JUGA:   Partai Golkar Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Katingan

Kemudian, Pemerintah daerah mendukung penuh ikhtiar MUI dalam mewujudkan Islam Rahmatan Lil Alamin dalam kehidupan yang manjemuk, dengan melakukan dakwah yang persuasif dan damai dalam mengajak ke jalan kebaikan.

“Kita bersyukur, ikhtiar MUI di dukung oleh semua elemen masyarakat yang menyadari untuk hidup berdampingan, bekerjasama demi kebaikan dan kenyamanan kita semua. Dan pemerintah pun telah ditemani bahkan dibantu oleh berbagai Ormas Islam, Para Ulama dan Cendikiawan Muslim,” jelasnya.

MUSDA MUI : ANNAS/BERITASAMPIT – Suasana saat tamu undangan dan peserta menghadiri kegiatan Musda MUI ke IV

Lanjutnya, pemerintah daerah memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas langkah MUI karena konsisten menyiaran pentingnya untuk mematuhi protokol kesehatan dalam dalam setiap kegiatan, termasuk kegiatan berdakwah dan beribadah mengajak umat disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

Sementara, Wakil Ketua MUI Provinsi Kalteng KH Chairudin Halim, mengatakan dengan diadakannya Musda MUI, diharapkan menjadi kesepakatan bersama untuk menjadi momentum strategis para ulama untuk membicarakan permasalahan keumatan yang masa kini dan masa akan datang.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Ikuti Rapat Koordinasi Kesiapan Vaksin Covid-19 

Kemudian, dapat membangun kesamaan misi dan manfaat kebersamaan diantara Ulama, Ummaru dan Umat dalam memimpin di masa depan yang lebih maju, serta menjadi wadah untuk menerjemahkan program kesejahteraan umat melalui aksi dan kepentingan bangsa dan negara.

“Kemudian, dalam menyikapi berbagai permasalah di daerah kita, agar para ulama bisa menyampaikan aspirasinya pada umatnya dengan bijaksana dan santun. Dan mudahan-mudahan pemerintah bisa membuka hati mencintai para ulama, para habait. Semoga dengan keadaan ini kita bisa membawa kedamaian, kesejukan dan bisa bersama sama membangunan pemerintah yang lebih baik kedepannya,” ungkapnya

Ditempat yang sama, Ketua MUI Kabupaten Katingan H mahjumi, juga berharap agar pelaksanan Musda ke IV MUI Kabupaten Katingan tahun 2020 dalam berjalan dengan aman dan sukses serta penuh bimbingan terhadap Allah SWT.

“Saya berharap Musda MUI dengan tema meneguhkan sikap istiqomah Ulama sebagai Khadimul Ummah dalam menghadapi dinamika pembangunan di Kabupaten Katingan ini. Tentunya bisa menghasilkan keputusan-keputusan yang bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat, umat, daerah dan bangsa dan negara,” terangnya.

(Annas/beritasampit.co.id)