Rekapitulasi Suara 16 PPK Diplenokan, Tinggal Mentawa Baru Ketapang Yang Belum Siap

ILHAM/BERITA SAMPIT - Proses pembukaan kotak suara dari PPK yang disaksikan oleh Bawaslu, KPU Kotim serta para saksi dari perwakilan Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, dalam kegiatan Rapat Pleno tingkat Kabupaten Kotim, bertempat di Hotel Aquarius Sampit, Senin 14 Desember 2020.

SAMPIT – Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi hasil Penghitungan Suara Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, serta Bupati dan Wakil Bupati Kotim, dan Penetapan hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotim Tahun 2020, kegiatan dilaksanakan di Hotel Aquarius Sampit, Senin 14 Desember 2020.

Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, rapat pleno rekapitulasi ini akan digelar selama 3 hari yakni dari tanggal 14-16 Desember 2020. Namun pada hari pertama pelaksanaan rekapitulasi, dari 17 Kecamatan yang sudah siap mengikuti rapat pleno sebanyak 16 PPK, sedangkan 1 PPK masih menyelesaikan proses Pleno di tingkat Kecamatan.

“Untuk hari ini masih 16 PPK, karena masih ada 1 PPK yang masih pleno yakni Mentawa Baru Ketapang belum selesai, dan hari ini mereka ditargetkan sudah harus selesai,” kata Ketua KPU Kotim, Siti Fathonah Purnaningsih.

Ditambahkan Siti, sehubungan Kotim menggelar dua pemilihan, maka untuk menetapkan hasil rekapitulasi pemilihan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotim, rencananya sampai tanggal 16 Desember 2020.

BACA JUGA:   Dewan Ajak Masyarakat Patuhi Aturan Untuk Kurangi Aktivitas di Malam Tahun Baru

“Untuk pengumuman penetapan hasil diakhir akan kami tetapkan hasil untuk bupati. Demikian juga Gubernur selesai diwaktu yang sama, sebab rencananya melaksanakan pleno tingkat Provinsi akan digelar tanggal 17 nanti,” paparnya.

Sedangkan untuk jumlah berapa pemilih yang memberikan hak pilihnya, KPU Kotim masih belum bisa memberikan keterangan karena masih dalam proses rekapitulasi.

“Kita belum bisa untuk jumlah pemilih, karena belum mengetahui berapa persen pemilih Kotim, sebab masih proses rekapitulasi berjalan sehingga kami belum tahu untuk pengguna hak pilihnya berapa,” ucap Siti.

Sementara, hasil sementara data rekapitulasi yang telah selesai di Plenokan sebanyak 5 Kecamatan yakni Kecaman Telawang dengan keunggulan Pasangan Hj Suprianti Rambat – Muhammad Arsyad (Super) dengan jumlah suara 2.111, disusul Halikinnor – Irawati (Harati) 2.101 suara, Muhammad Rudini Darwan Ali – Samsudin (Bercahaya) 1104 suara dan HM. Taufiq Mukri – Supriadi MT (Pantas) 381 suara.

BACA JUGA:   Januari 2021, Pengurus SMSI Kotim Dilantik

Di Kecamatan Cempaga Paslon Rudini – Samsudin unggul dengan jumlah suara 3.688, Halikinnor – Irawati 2.698, Supriati Rambat – M. Arsyad 2.197 dan Taufiq Mukri – Supriadi 977 suara.

Kecamatan Kota Besi Pasangan Halikinnor – Irawati unggul dengan perolehan 3.165 suara, Supriati Rambat – M. Arsyad 2.170, Rudini -Samsudin 1.692 dan Taufiq Mukri -Supriadi 881 suara.

Kecamatan Cempaga Hulu, pasangan Halikinnor – Irawati kembali unggul dengan perolehan 3.223 suara, disusul Supriati Rambat – M. Arsyad 1.439, Rudini – Samsudin 1.259 dan Taufiq Mukri – Supriadi 690 suara.

Sementara pada Kecamatan Pulau Hanaut, Pasangan Halikinnor – Irawati lagi-lagi unggul dengan jumlah suara 2.202, disusul Rudini -Samsudin 2066 suara, Taufiq Mukri – Supriadi 1.414 dan Supriati Rambat – M. Arsyad 846 suara.

(Cha/beritasampit.co.id)