Status Orange Covid-19, Pemkab Hulu Sungai Utara Berhasil Turunkan Angka Kematian Ibu Hamil

IST/BERITA SAMPIT - Ilustrasi kondisi ibu hamil ditengah pandemi.

HULU SUNGAI UTARA, KALSEL – Status Orange di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimatan Selatan yang artinya kasus penanganan Covid-19 masih bisa dikendalikan oleh Pemerintah Kabupaten setempat.

Meski demikian hal tersebut tidak membuat kendornya penegakan protokol kesehatan (prokes) di kabupaten dengan ibu kota Amuntai ini.

Justru hal ini dijadikan motivasi bagi para tenaga medis di Amuntai yang berhasil menekan angka kematian ibu hamil ditengah penyebaran Covid-19.

BACA JUGA:   Polda Kalsel Terapkan Prokes Ketat untuk Natal dan Tahun Baru

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara, Danu F Fotohena membeberkan data angka kematian ibu hamil turun secara signifikan dan mencapai persentase diangka 50 %.

“Kami berhasil menurunkan angka kematian Ibu hamil terhitung Oktober 2020 menjadi 38 kasus, sedang tahun sebelumnya 78 kasus atau turun 50 %,” Jelas Danu, Senin 14 Desember 2020.

BACA JUGA:   Banjir Kalsel, Sugianto Kirim Tim dan Bantu Dapur Umum

Dirinya juga mengatakan, bahwa ini menjadi catatan penting dari kerja keras tenaga medis dan semua pihak yang sudah berjuang untuk mengendalikan penyebaran Covid-19.

“Semoga ini bisa terus dipertahankan agar resiko dan jumlah kematian ibu hamil bisa terus ditekan,” pungkasnya. (Mery Triyana/beritasampit.co.id).