Dewan Ajak Semua Kalangan Lestarikan Budaya Daerah

IM/BERITA SAMPIT - Ketua DPRD Kotim, Dra. Rinie Aria Gagah.

SAMPIT – Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Dra Rinie Aria Gagah meminta dan mengajak warga masyarakat di kabupaten untuk meningkatkan perhatian terhadap kebudayaan daerah.

Ia mendorong semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, terlebih budayawan terus melestarikan maupun menjaga budaya Kalimantan Tengah, khususnya yang ada Kotim hingga saat ini.

“Yang jelas budaya yang dititipkan oleh leluhur kita adalah salah satu budaya yang harus dijaga dan dilestarikan. Baik tarian daerah, karungut, dan lainnya. Selama ini kita ketahui tarian daerah sering kali ditampilkan dalam acara resmi pemerintahan, dan kami ingin hal seperti itu menasional dengan adanya kepedulian,” katanya Selasa 15 Desember 2020.

BACA JUGA:   Desa Penyaguan Terima 2 Penghargaan dari Kementerian Desa dan Bupati Kotim

Wanita yang pertama kali duduk sebagai Ketua DPRD Kotim lewat Pemilu 2020 tersebut berharap kepada generasi muda di daerah ini agar tidak terpengaruh terhadap budaya luar, sehingga melupakan budaya daerah sendiri. Daru sisi lain menurutnya para orangtua juga harus mengajarkan budaya peninggalan nenek moyang terdahulu kepada generasi yang ada hingga saat ini.

“Kami berharap jangan sampai hilang tanpa ada yang melanjutkan, budaya itu merupakan ciri khas suatu daerah dan masing-masing mempunyai nilai sejarah dan historisnya. Budaya juga merupakan ikon yang tidak boleh kalah maupun mati oleh apapun,” tegasnya.

BACA JUGA:   BUM Desa Aktif di Kotim Hanya 60 Persen, Arahkan Kerja Sama Pihak Ketiga

Ia meminta agar generasi anak muda terutama yang memiliki SDM diatas rata-rata bisa menjadi sosok panutan dan juga publik figur terhadap junior-juniornya dalam mempertahankan ciri khas di daerah. Selain bisa menjaga kebudayaan, adat dan istiadat daerah juga harus juga dijaga.

“Kedepan generasi muda harus terus mencintai dan melestarikan budaya. Salah-satu jati diri daerah ada pada budaya itu sendiri, tugas kita semua yakni mengenalkan budaya itu kepada generasi muda, dan mengembangkannya hingga ke mancanegara,” demikian Rinie.

(im/beritasampit.co.id) .