Hasil KPU Kota Palangka Raya : Ben- Ujang Unggul

Hardi/BERITA SAMPIT - Ketua KPU Kota Palangka Raya Ngismatul Choiriya

PALANGKA RAYA – KPU Kota Palangka Raya melakukan rapat pleno terbuka di Hotel Putra Kahayan di Jalan Tumenggung Tilung I Kota Palangka Raya. Pada saat ditemui di lokasi Ketua Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kota Palangka Raya Ngismatul Choiriya memberikan keterangan hasil rapat pleno tersebut.

“Sesuai jadwal KPU Kota Palangka Raya melaksanakan rapat pleno terbuka, terkait penghitungan keseluruhan surat suara di Kota Palangka Raya untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 2020. Untuk rapat ini semuanya berjalan dengan lancar, tadi kita bacakan hasil suara perkecamatan, dan ada beberapa koreksi yang berkaitan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT), karena dibeberapa kecamatan kita temukan, angka DPT di kecamatan belum sesuai dengan apa yang di plenokan oleh KPU Kota Palangka Raya,” kata Ngismatul Choiriya. Selasa 15 Desember 2020

BACA JUGA:   Polresta Palangka Raya Kembali Semprot Disinfektan

Ngismatul menjelaskan kita memiliki kewajiban untuk mengkoreksi terkait DPT tersebut, akan tetapi hal itu tidak mempengaruhi hasil suara dari pasangan calon, untuk hasil pasangan 01 berjumlah 59.274 suara dan pasangan 02 berjumlah 51.246 suara.

Untuk pemilih di Kota Palangka Raya berdasarkan hitungan sementara berjumlah 63 persen dari semua pemilih yang ada di Kota Palangka Raya, selain itu Ketua KPU Kota Palangka Raya Ngismatul Choiriya menjelaskan terkait banyaknya koreksi yang ada di kecamatan Rakumpit.

“Untuk jumlahnya tidak mengalami perubahan, cuma jumlah akhirnya saja yang keliru sehingga kita koreksi hal tersebut, dan itu tidak mempengaruhi jumlah suaranya. Untuk keliruan tersebut saya kurang tahu apakah waktu dikelurahan mereka pakai microsoft excel yang direkomendasikan oleh KPU atau mereka menggunakan cara manual, kalau mereka menggunakan microsoft excel jumlah yang mengalami keliruan akan menjadi merah dan apabila kita sudah perbaiki maka akan menjadi putih,” ucapnya.

BACA JUGA:   Dinas Ketahanan Pangan Gelar Pangan Murah

Ngismatul menjelaskan rapat pleno ini akan selesai pada saat ini juga pada hari Selasa 15 Desember 2020.

Selain itu ditemui ditempat yang sama Ketua PPK Rakumpit Frandkislee menjelaskan terkait keliruan data tersebut, itu sebenarnya salah input saja sehingga pada saat keliruan tersebut kita akan cocokan dengan hasil yang ada di C1 dari kelurahan, meskipun itu salah input itu tidak mempengaruhi hasil suara, karena para saksi sudah punya C1 tersebut dan menandatanganinya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)