Kader KMHDI Diminta Siap Menjawab Tantangan Zaman

SATYAM EVA JAYATE : IST/BERITA SAMPIT – Foto bersama Kepala Bidang Bimas Hindu Kalimantan Tengah, Dra. Sisto Hartati M.Si, Ketua MD-AHK Palangka Raya, Prada LKDR. S.Ag, M.Si, Ketua PD KMHDI Kalteng, Candra Wardana, Ketua Plt. PC KMHDI Palangka Raya, Betto, serta tamu undangan.

PALANGKA RAYA – Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Kota Palangka Raya melaksanakan Seminar Kewirausahaan dan Diklat Menejemen Organisasi (DMO) Ke-XIX di Balai Basarah Hindu Kaharingan Kota Palangka Raya pada tanggal 12-13 Desember 2020 kemarin.

Kegiatan yang mengusung tema “Melalui DMO ke-XIX Kita Tingkatkan Pemahaman dan Penerapan Terhadap Organisasi yang berladaskan Jati Diri KMHDI” itu dibuka secara langsung oleh Dra. Sisto Hartati, M.Si selaku Kepala Bidang Bimas Hindu Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah.

“Pertama-tama kami mengaturkan apresiasi yang setingi-tinginya kepada PC KMHDI kota Palangka Raya karena sudah melaksanakan DMO di tengah pandemi Covid-19, oleh karna itu saya menghimbau protokol kesehatan harus diperhatikan oleh panitia, protokol kesehatan harus diikuti sampai berakhirnya kegiatan,” ujar Sisto Hartati saat membuka kegiatan.

Ia juga menyampaikan jika dirinya mengaku sangat bangga dan bahagia atas perkembangan anak muda terutama generasi Hindu saat ini yang kian maju dan semangat untuk terus berkembang menjadi lebih baik lagi, terlebih para kader dari KMHDI sendiri yang memang menjadi basis daripada mahasiswa Hindu.

BACA JUGA:   Banjir Kalsel, Sugianto Kirim Tim dan Bantu Dapur Umum

“Generasi Muda Hindu semakin hari semakin maju dan mulai menunjukan kualitasnya, terutama kader KMHDI yang begitu progresif dalam ikut andil memajukan umat kita di Kalteng,” ungkapnya.

Diketahui jika DMO sendiri merupakan bagian dari proses kaderisasi lanjutan setelah Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) KMHDI. Dimana para kader diharapakan mampu memahami materi yang dijabarkan, sehingga tujuan dari kegiatan DMO itu sendiri dapat tercapai, yaitu melatih dan mendidik kader supaya mampu menerapkan jati diri KMHDI yang Religius, Humanis, Nasionalis dan Progesif di dalam kehidupan sehari-hari dan di masyakarat.

Amelia selaku Ketua Panitia menjelaskan jika peserta DMO berasal dari kader yang telah lulus mengikuti MPAB yang berjumlah 51 orang dari perguruan tinggi se Kota Palangka Raya. “Terima kasih kepada seluruh peserta, donatur dan panitia penyelenggara yang sudah bekerjasama menyukseskan kegiatan ini hingga berjalan sukses dan lancar,” ucapnya.

Di sisi lain, Betto selaku Plt. Ketua PC KMHDI Kota Palangka Raya juga mengucapakan terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana yang sudah bersusah payah meluangkan waktu, kesempatan, pikiran dan lain sebagainya untuk menyukseskan kegiatan DMO Ke-XIX walaupun di tengah pandemi Covid-19.

BACA JUGA:   Dewan Sebut Destinasi Air Hitam Kereng Bangkirai Langka

“Harapannya seluruh kader yang sudah lulus mengikuti DMO ini mampu memberikan kontribusi dan juga dedikasi demi kemajuan organisasi yang kita cintai ini, tak lain demi memajukan dan memberikan karya terbaik untuk bangsa dan negara,” ucapnya.

Candra Wardana selaku Ketua PD KMHDI Kalimantan Tengah juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut dan berharap jika para kader KMHDI harus mampu merekonstruksi kemampuan hard skill dan soft skill yang dimilikinya, guna menjawab tantangan di era industri 4.0 agar bisa bersaing dan beradaptasi terhadap perubahan yang ada.

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi kerja teman panitia dan khususnya PC KMHDI Kota Palangka Raya yang telah melakukan on the track sebuah kegiatan di tengah pandemi Covid-19 saat ini dengan semangat yang menggelora. Serta saya berharap nantinya para kader membekali dan dibekali dengan ilmu kewirausahaan agar memiliki jiwa entrepreneur yang berkualitas ke depannya,” tutupnya.

(Aris/beritasampit.co.id)