Pemkab Katingan Gelar Uji Publik Kamus Bahasa Dayak Katingan

UJI PUBLIK KAMUS : ANNAS/BERITASAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas, saat membuka kegiatan di aula kantor BPKAD Katingan, Selasa 25 Desember 2020.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, menghadiri dan membuka langsung kegiatan Uji Publik Kamus Dwibahasa Indonesia – Dayak Katingan, di aula kantor Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Katingan, pada Selasa 15 Desember 2020.

Kegiatan yang digagas oleh Bagian Perpustakaan dan Arsip Sekretariat Daerah Katingan ini, di hadiri Sekretaris Daerah Katingan Nimodemus, dan Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah Valentina Lovina Tanate. Kemudian, diikuti peserta sebanyak 32 orang peserta dari tokoh masyarakat, dan Guru dari tingkat SD, SMP dan SMA.

UJI PUBLIK KAMUS : ANNAS/BERITA SAMPIT – Suasana saat peserta dari tokoh masyarakat dan para Guru mengikuti bimbingan Uji Publik Kamus Dwibahasa Indonesia – Dayak Katingan.

Menurut Sakariyas, bahwa bahasa daerah yang di miliki Kabupaten Katingan tentu merupakan kewajiban semua masyarakat untuk bersama-sama menggali dan melestarikannya agar tidak punah oleh kemajuan zaman yang serba cepat dan digital sekarang ini.

BACA JUGA:   Libur Nasional, Semua Objek Wisata Katingan Ditutup Dan Malam Tahun Baru Tim Gabungan Patroli

“Sebab, bahasa daerah merupakan sarana komunikasi antarmasyarakat, sarana ekspresi berkesenian dan pengungkapan tentang berbagai pengetahuan dan kearifan lokal yang dapat kita manfaatkan, baik sebagai sarana pembelajaran generasi penerus maupun pemahaman kebudayaan yang lebih luas,” jelas Mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan Ini.

Sakariyas mengatakan, hendaknya kamus ini akan terus dilakukan pembaharuan dan penambahan jumlah kata dan jumlah terbitan agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Demikian pula dalam bentuknya, tidak hanya berupa cetakan, akan tetapi dapat dilakukan digitalisasi seperti aplikasi yang didapatkan dengan mudah dan murah bagi semua kalangan yang ingin mempejalari bahasa dayak Katingan.

“Atas nama pemerintah kabupaten Katingan, saya menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh atas pelaksanaan kegiatan yang mempunyai nilai penting guna menunjang visi dan misi Katingan bermartabat, untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berbudaya,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Polisi Tangkap Dua Pelaku Pencurian Sarang Walet di Tumbang Samba

Sementara, Ketua Panitia dan juga Kepala Bagian Perpustakaan Dan Arsip Sekretariat Daerah Katingan, Kalpin, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk penyempurnaan kamus bahasa Indonesia-bahasa Dayak Katingan tahun 2019 serta untuk persiapan percetakan tahun 2021 yang akan datang.

“Bimbingan ini sangat bermanfaat bagi generasi yang akan datang dan juga sebagai bahan ajar bagi guru-guru setiap sekolah sebagai bahasa asli daerah Katingan. Dan narasumber kegiatan dari Pekamus bahasa dari Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah dan Sekretaris Daerah Katingan,” singkatnya.

(Annas/beritasampit.co.id)