Dewan Dorong Peningkatan Kualitas Guru di Mura

LULUS/BERITA SAMPIT- Ketua DPRD Mura, Doni SP, M.Si

PURUK CAHU – Guru dan peserta didik atau siswa memang tidak bisa terpisahkan, terutama peran seorang guru bisa menentukan keberhasilan seorang tenaga didik, apalagi menyakut kualitas, kualitas guru juga bisa menentukan kualitas seorang siswa itu sendiri.

Ketua DPRD Kabupaten Murung Raya (Mura) Doni, SP, MSi mengatakan guru merupakan seseorang yang sangat menentukan keberhasilan seorang siswa,oleh sebab itu guru harus menjadi teladan yang baik bagi muridnya, bukan malah sebaliknya.

“Artinya peran guru ini sangat penting untuk keberhasilan bagi siswa mereka. Kita selalu mendorong agar kualitas guru ini terus ditingkatkan, untuk itu pemerintah daerah juga mempunyai tanggung jawab ini yaitu meningkatkan kualitas guru,” ungkap Doni, belum lama ini, Jumat 18 Desember 2020.

BACA JUGA:   Natal di Tengah Pandemi, Tak Ada Open House di Murung Raya

Menurut Doni, Faktor-faktor yang menentukan kualitas proses pendidikan suatu sekolah adalah terletak pada unsur-unsur dinamis yang ada di dalam sekolah itu dan lingkungannya sebagai suatu kesatuan sistem.

“Salah satu unsurnya ialah guru sebagai pelaku terdepan dalam pelaksanaan pendidikan di tingkat institusional dan instruksional,” tutur pria yang sedang menempuh pendidikan S3 di pulau jawa ini.

BACA JUGA:   PT IMK Gandeng Disperindagkop Mura Gelar Pelatihan Managemen Koperasi

Disampaikan Doni lagi, bahwa guru sebagai tenaga pendidik yang tugas utamanya mengajar, memiliki karakteristik kepribadian yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan seorang siswanya.

“Apabila guru itu memiliki kepribadian yang baik maka akan memberikan teladan yang baik terhadap anak didiknya,” katanya.

Dirinya merasa yakin jika seluruh guru yang ada di Mura ini telah bekerja maksimal dalam mendidik siswa yang ada, tentu hasilnya juga akan maksimal.

“Harapan kita pendidikan di Mura ini selalu maju, eksis dan siap bersaing dengan sekolah-sekolah yang ada di daerah maju,” pungkasnya.

(Lulus/beritasampit.co.id)