Dewan Minta Disdukcapil Genjot Perekaman Data di Kecamatan

LULUS/BERITA SAMPIT- Rabul Yakin Amd, Kep

PURUK CAHU- Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya (Mura) Rabul Yakin meminta agar perekaman data kependudukan di tingkat desa maupun ibukota Kecamatan terus digalakan.

Hal itu menyusul adanya target dan jangka waktu perekaman data penduduk berbasis elektronik, sehingga bisa terpenuhi dengan waktu yang tersisa tentu sangat mudah tercapai apabila semua ini bergerak, baik pelayanan yang dipusatkan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) maupun dengan sistem jemput bola.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Murung Raya Imbau Umat Kristiani Taati Prokes

“Kita mendukung agar tetap dilaksanakan perekaman data penduduk berbasis elektronik dengan sistem jemput bola. Karena kita ketahui sekarang ini ada batas waktu yang ditetapkan oleh Kemendagri, agar perekaman data di daerah segera dituntaskan,” ungkap

Disampaikan Rabul, bahwa batas perekaman data penduduk elekronik diberi kelonggaran hingga pertengahan tahun 2021 mendatang, artinya, masih ada waktu bagi Disdukcapil setempat untuk mengejar sisa data yang belum terekam.

“Kita berharap apa yang menjadi target bisa dirampungkan, apalagi ada ultimatom apabila warga masyarakat yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik maka banyak kesulitan yang dihadapi,” ujarnya.

BACA JUGA:   Warga Pedalaman di Mura Dambakan Jalan Layak

Kesulitan itu antara lain, tidak bisa membuat Surat Izin Mengemudi (SIM), tidak bisa mengajukan kredit, tidak bisa membuka rekening bank, tidak bisa membuat paspor, bahkan kesulitan untuk menikah.

“Setidaknya ada sepuluh masalah dihadapi kalau saya tidak salah ingat apabila tidak memiliki e-KTP, oleh karena pentingnya e-KTP ini tentu pemerintah harus gencar lakukan perekaman data ini,” tuturnya.

(Lulus/beritasampit.co.id)