Kabar Duka, Barthel Usin Tutup Usia

IST/BERITA SAMPIT - Ketua Pembina Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kalimantan Tengah (Kalteng) Drs Barthel B Usin

PALANGKA RAYA – Ketua Pembina Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kalimantan Tengah (Kalteng) Drs Barthel B Usin 2019-2023 dan Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia dan Industri Indonesia (KADIN) Periode 2020-2025 telah tutup usia.

Pria kelahiran Tumbang Nusa, 24 Agustus 1963, mantan Wartawan Antara, Sinar Harapan dan Syara Pembaharuan serta mantan Sekretaris PWI Kalteng, saat di Rumah Sakit Pembelian. Almarhum menghembus nafas terahir Jumat (18/12) pukul di rumah Sakit Pembelian jalan Tjilik Riwut Palangka Raya.

BACA JUGA:   Selamat Natal, Sekda Kalteng : Jangan Ada Kerumunan Massa

“Benar abang Bartel, telah berpulang” ujar Bridel sang adik kandung almarhum menuturkan.

Semasa hidup almarhum sambung Bridel, yang juga Bendara SMSI Kalteng ini, pernah sebagai Ketua Umum KADIN Palangka Raya, selain sebagai wartawan dan pengusaha. Almarhum juga berustri satu dua dan satu cucu juga pernah sebagai pengurus Ringan Karya. Dalam keluarga, sebagai sosok pengayom, disiplin dan pendidik serta selalu menghargai pendapat.

BACA JUGA:   Instruksi Gubernur Kalteng: Tenaga Kesehatan Harus Dipastikan Dapat Vaksin Covid-19

Sementara itu, menurut Sutransyah, wartawan senior seangkatan almarhum mengatakan, dirinya mengenal sosok Barthel sebagai tokoh pers panutan.

“Beliau orangnya sangat sosial, sederhana, rama, dan mudah bergaul sehingga dikenal banyak kalangan baik di lingkungan pers, pemerintahan maupun politik,” kata Sutransyah.

Dia berharap, sikap keseharian almarhum ini dapat diteladani insan pers dalam menjalankan tugas jurnalistik secara profesional dengan tetap menjaga hubungan personal yang baik dengan semua pihak. (Hardi/Beritasampit.co.id)