Kasus HIV di Kota Palangka Raya Masih Tinggi

IST/BERITA SAMPIT - Sekda Kota Palangka Raya, Hera Nugraha saat memberikan sambutan di halaman Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palangka Raya, Hera Nugraha mewakili Walikota Palangka Raya Fairid Nafarin saat membuka acara puncak Peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) Tahun 2020 Tingkat Kota Palangka Raya, Jumat 18 Desember 2020.

Dalam sambutannya Sekda Kota Palangka Raya, Hera Nugraha mengatakan dari tahun 2005 sampai tahun 2020, kasus HIV dan AIDS di Kalimantan Tengah terus mengalami peningkatan.

“Kalau dari data kasus yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah, maka kasus HIV dan Aids di Kota Palangka Raya menunjukan angka tertinggi dibandingkan dengan di 13 Kabupaten lainnya, sejak tahun 2005 sampai Oktober 2020. Untuk total kasus HIV di wilayah Kota Palangka Raya sudah ditemukan sebanyak 468 orang, untuk pada tahun 2020 dari Bulan Januari sampai Oktober ditemukan kasus baru HIV sebanyak 54 orang,” kata Sekda Kota Palangka Raya, Hera Nugraha.

BACA JUGA:   Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Optimis Minat Baca Masyarakat Meningkat

Hera berharap perhatian kita bersama untuk menyikapi kondisi tersebut dengan baik agar penularan HIV dan Aids dapat dihentikan dengan berbagai cara yaitu, hindari sex bebas, tetap setia kepada pasangan, menghindari minuman keras dan lainnya.

“Peringatan hari Aids sedunia tersebut bertujuan dengan meninggalkan perilaku yang berisiko tertular dan membiasakan diri untuk berperilaku yang sehat tanpa penularan HIV dan Aids,” ucapnya.

BACA JUGA:   Satgas Aman Nusa II Polresta Palangka Raya Sosialisasi Prokes di Area Publik

Hera menambahkan hingga saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan HIV Aids namun sudah ada obat yang diyakini dapat menekan laju pertumbuhan virus HIV dalam tubuh yaitu Antiretroviral (ARV).

(Hardi/Beritasampit.co.id)