Balai Keramat Raja Nyai Balau Diresmikan

IST/BERITA SAMPIT - Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo, saat meresmikan Balai Keramat Raja Nyai Balau secara virtual di ruang loby Mapolda

PALANGKA RAYA – Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo, meresmikan Balai Keramat Raja Nyai Balau secara virtual di ruang loby Mapolda Jalan Tjilik Riwut Km 01 Kota Palangka Raya, Sabtu 19 Desember 2020.

“Peresmian Balai Keramat Raja Nyai Balau ini sengaja diselenggarakan secara sederhana dengan tetap mematuhi Protokol kesehatan seperti menjaga jarak,” kata Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo.

Dedi menerangkan, di Provinsi Kalteng sendiri banyak terdapat situs – situs budaya, para tokoh panutan dari tanah Dayak dan salah satunya adalah Balai Keramat Raja Nyai Balau yang ada di Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas.

“Sosok Nyai Balau sendiri adalah tokoh wanita yang terkenal perkasa, kuat, tangguh dan bijaksana yang berasal dari Kecamatan Tewah. Figur keberanian dan ketauladanan beliau di masa lampau menjadi contoh bagi perempuan lainnya untuk dapat berjuang bersama kaum pria,” tuturnya.

BACA JUGA:   Dukung Ketahanan Pangan Pada Musim Pandemi, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Lakukan Ini

Dedi mengharapkan, dengan berdirinya Balai Keramat Raja Nyai Balau ini dapat menjadi salah satu warisan budaya bangsa yang kelak bisa dikunjungi baik wisatawan lokal, nasional bahkan internasional.

“Saya selaku pimpinan Polda Kalteng dan pribadi mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada keluarga besar keturunan Nyai Balau serta semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pembangunan Balai Keramat Raja Nyai Balau ini,” pungkasnya.

IST/BERITA SAMPIT – Wakapolresta Palangka Raya AKBP Andiyatna saat memimpin kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Latihan Pra Operasi Lilin Telabang Tahun 2020 di Aula Wirapratama Mapolresta Palangka Raya

Ditempat terpisah, menghadapi Hari Natal dan Tahun Baru 2021, Wakapolresta Palangka Raya AKBP Andiyatna, memimpin kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Latihan Pra Operasi Lilin Telabang Tahun 2020 di Aula Wirapratama Mapolresta Palangka Raya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kabagops Polresta Palangka Raya Kompol Hemat Siburian, Kasiwas AKP I Gusti Nyoman Sudarta dan Personel yang terlibat Operasi Lilin Telabang Tahun 2020.

BACA JUGA:   Sekda Kalteng Rakor Kesiapan Akhir Pilkada Bersama Mendagri

“Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memaksimalkan kesiapan seluruh personel yang terlibat Operasi Lilin Telabang 2020 dalam menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru di wilayah Kota Palangka Raya,” kata AKBP Andiyatna.

Dirinya menambahkan, meskipun telah ada Surat Edaran dari Pemerintah Kota dan Provinsi terkait situasi pandemi covid-19, namun pihaknya tetap mempersiapkan diri guna menjaga situasi Kamtibmas di Kota Palangka Raya tetap kondusif.

“Kegiatan Operasi Lilin Tahun ini sedikit berbeda dari sebelumnya karena berlangsung di masa pendemi covid-19, namun saya harap berharap hal tersebut jangan sampai mengurangi kewaspadaan dan kesiapsiagaan kita,” tandasnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)