Bupati Katingan Resmikan Sekretariat LPT-IK Katingan Sekaligus Membuka Musda Ke IV

ANNAS/BERITA SAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas, saat meresmikan gedung Sekretariat LPT-IK Katingan.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, resmikan gedung Sekretariat Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan (LPT-IK) Katingan, sekaligus membuka kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) ke IV LPT-IK Katingan, di Jalan Soekarno Hatta, Km 5, Kasongan Lama, Senin 21 Desember 2020.

Kedatangan Sakariyas, didampingi Ketua DPRD Katingan Marwan Susanto, dan Sejumlah Kepala SOPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Katingan terlebih dulu disambut dengan acara adat pembukaan pantan Balanga, dan tari-tarian daerah. Kemudian, dilanjutkan penandatangan prasasti oleh Sakariyas sebagai tanda diresmikannya Sekretariat LPT-IK Katingan.

Dalam kesempatan itu Sakariyas mengatakan, dengan diresmikannya Sekretariat LPT-IK Katingan diharapkan agar dapat digunakan dengan baik sampai kepada proses penataan usahanya. Karena setiap tahun Pemerintah Kabupaten Katingan selalu menganggarkan anggaran untuk rumah-rumah ibadah, salah satunya Sekretariat LPT-IK ini.

“Dan terbukti pada hari ini di tempat yang megah ini saya berdiri untuk meresmikannya. Saya merasa terharu dan bangga, melihat sekaligus meresmikan karya terbaik umat hindu kaharingan kabupaten katingan. Saya harapkan tolong dipelihara dengan baik,” tutur Sakariyas.

BACA JUGA:   Penerima Program PTSL di Katingan Sebanyak 2.585

Terkait pelaksanaan Musda, dirinya berpesan agar dapat berjalan dengan baik dan berlandaskan azas demokrasi. Karena siapapun yang terpilih menjadi Ketua LPT-IK Katingan nantinya diharapkan dapat membuka perubahan terhadap kegiatan pembinaan seluruh potensi umat Hindu Kaharingan. Sehingga nantinya dapat mampu bersaing di even-even level regional maupun nasional serta dapat menjadi penggerak bagi organisasi keagamaan lainnya untuk sama-sama berperan aktif.

“Kita harapkan ini menjadi salah satu kekuatan bagi pembangunan dalam mendukung visi dan misi daerah Kabupaten Katingan yaitu Katingan Bermartabat,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua LPT-IK Katingan Sarnadie D Uga mengatakan, pembangunan Sekretariat LPT-IK Katingan dibangun secara bertahap dan baru diselesaikan pada tahun 2020 oleh pihak panitia pembangunan secara swakelola dan bersumber dari dana bantuan hibah Pemerintah Kabupaten Katingan dan juga dari dana swadaya umat Hindu Kaharingan. “Sehingga bantuan dari Pemerintah Kabupaten Katingan kita bangunkan bangunan fisik dan lain-lainnya dengan nilai anggaran sebesar Rp 1 Miliar 150 Juta,” ungkapnya.

BACA JUGA:   UPT-KPHP Katingan Hulu Berhasil Budidaya Lebah Madu Kelulut

Dijelaskan, LPT-IK Katingan adalah salah satu organisasi keagamaan sebagai mitra majelis daerah, majelis resor, kelompok dan majelis besar untuk menunjang program-program majelis dalam mengembangkan kemampuan umat dalam memahami dan mengamalkan ajaran Hindu Kaharingan. Hal ini untuk di uji pada kegiatan yaitu berupa festival tandak intan Kaharingan sesuai dengan tingkatan dengan bidangnya.

Masa periode pengurusan LPT-IK Katingan periode 2015-2020 berakhir pada tahun ini. Dan sesuai ketentuan organisasi bahwa pihaknya harus melaksanakan kegiatan Musda yang ke empat kalinya tahun ini untuk masa bakti 2021-2025 dan diikuti peserta dan peninjau sebanyak 32 orang.

“Dan ini adalah momentum mengevaluasi program kerja organisasi, dan menyusun program kerja serta penyegaran kepengurusan organisasi yang baru. Diharapkan peserta Musda bisa memanfaatkan semaksimal mungkin demi kemajuan umat hindu kaharingan nantinya,” kata Sarnadie. (Annas/beritasampit.co.id).