Bupati Lamandau Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Telabang 2020

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana memasang lencana kepada personel Polri dan TNI usai gelar Apel Pasukan Lilin Telabang 2020 di halaman Polres Lamandau.

NANGA BULIK – Bupati Lamandau, H. Hendra Lesmana, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Telabang 2020 di Mapolres Lamandau, Senin 21 Desember 2020. Dalam Apel tersebut, Hendra Lesmana didampingi Kapolres Lamandau, AKBP Arif Budi Purnomo dan Dandim 1017 Lamandau Letkol Inf Hafest Isjafrin.

Hendra Lesmana mengatakan, dalam Apel Gelar Pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri ini, dengan tujuan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan TNI – Polri dan Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan Operasi Lilin Telabang 2020.

“Pengecekan personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra Kamtibmas lainnya yang nantinya akan melaksanakan pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru),” ucap Hendra.

Menurutnya, perayaan Nataru oleh masyarakat melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata serta aktivitas pada pusat keramaian dapat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar Lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

BACA JUGA:   Warga Desa Bayat Hilang Ditemukan Tidak Bernyawa di Sungai Belantikan Raya

“Dalam pengamanan Nataru ini, waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat. Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli, dan tetap melakukan imbauan serta tetap melakukan penindakan dengan operasi yustisi” jelasnya.

Oleh karena itu, Polri khususnya Polres Lamandau jajaran Polda Kalteng menyelenggarakan Operasi Lilin Telabang 2020 yang dilaksanakan selama 15 hari. Dimulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

“Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Nataru dengan rasa aman dan nyaman. Jangan sampai kegiatan perayaan Nataru menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19,” harapnya.

Sementara itu, Kapolres Lamandau AKBP Arif Budi Purnomo menegaskan pada seluruh personel pengamanan agar memastikan kesiapan diri dalam pengamanan libur Nataru.

BACA JUGA:   Wagub Kalteng Dukung Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Pada Kantor Pertanahan Lamandau

“Kita semua baik jajaran Forkopimda Lamandau serta masyarakat di Kabupaten Lamandau harus bisa mentaati prtokol kesehatan. Mengingat saat libur Nataru pada tahun ini masih di massa pandemi Covid-19,” imbaunya.

Dalam pelaksanaan pengamanan Nataru, Polres Lamandau mengerahkan personel sejumlah 25 petugas yang nantinya akan di tempatkan pada Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan dengan di bantu Personel TNI dan unsur Pemerintah Kabupaten Lamandau.

“Pos Pengamanan di Batu Batanggui dan Pos Pengamanan di Simpang Sepaku, nanti pos-pos tersebut kita isi dari personel Polri, TNI, Dinkes, SatpolPP, Dishub dan Mitra Kamtibmas untuk memberikan Pelayanan dan Pengamanan kepada masyarakat pada saat Natal dan tahun baru,” ungkap AKBP Arif Budi. (Andre/beritasampit.co.id).