Sambut Natal dan Tahun Baru, Pemprov Kalteng Bangun 16 Posko Siaga

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalteng Shalahuddin saat memberikan arahan di Aula PUPR Provinsi Kalteng.

PALANGKA RAYA – Menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2021, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran meminta jajarannya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain kesiapsiagaan menjelang Natal dan Tahun Baru, jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng akan senantiasa melakukan pelayanan dan pemantauan selama masa libur dan perayaan Natal dan Tahun Baru, seperti pemantauan dan pelayanan di pelabuhan, bandara, dan terminal oleh Dinas Perhubungan, serta pemantauan di bidang peternakan dan perdagangan oleh dinas terkait lainnya.

Pelayanan dan pemantauan juga diarahkan untuk kondisi jalan, terutama di musim penghujan seperti saat ini, dimana berpotensi terjadi angin kencang dan cuaca ekstrem lainnya. Guna mengantisipasi hal tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kalteng melakukan upaya kesiapsiagaan, antara lain dengan menyiapkan alat berat dan membentuk tim siaga kondisi jalan.

“Hari ini kami melaksanakan rapat dan membentuk tim siap siaga kondisi jalan menyambut Natal dan Tahun Baru. Untuk Posko induk, kami tempatkan di Kantor Dinas PUPR Provinsi di Palangka Raya. Sementara 16 titik Posko yang dibangun, ditempatkan di seluruh wilayah Kalteng. Ini upaya pemerintah dalam membantu kesiapsiagaan menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru) di wilayah Kalteng,” kata Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalteng Shalahuddin, Rabu 23 Desember 2020.

Shalahuddin menjelaskan, selain standby dan memantau kondisi jalan di wilayah masing-masing, tim Posko juga menyiapkan alat berat yang siap dioperasikan apabila ada hal yang harus ditangani dengan cepat.

“Kita bersama-sama berdoa semoga pelaksanaan Nataru penuh khidmat dan berjalan dengan aman dan damai. Kami siapkan dan siagakan alat berat, mengantisipasi potensi seperti banjir, longsor, dan lainnya, untuk kenyamanan masyarakat dalam menghadapi Nataru,” ucapnya.

Ditambahkan Shalahuddin, dalam hal ini pihaknya berkoordinasi dengan Polda Kalteng terkait Posko pengamanan jalan, di samping berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan pihak Balai agar bantuan dan penanganan dapat dilakukan dengan cepat.

“Pengamanan jalan ini di lintas jalan Provinsi yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi. Kami juga terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian apabila ada hal urgent yang harus ditangani dengan cepat, termasuk juga dengan pihak Dinas Perhubungan, sehingga dapat sinergi dalam mengamankan Nataru, terutama terkait jalan,” ungkapnya.

Adapun untuk jalan Nasional, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Balai agar situasi jalan aman dan nyaman untuk dilalui. “Kami sudah koordinasi dengan pihak Balai dalam hal pembangunan Posko kesiapsiagaan menyambut Nataru ini,” imbuhnya.

Shalahuddin menjelaskan, sejumlah ruas jalan yang menjadi perhatian saat ini, antara lain Jalan Bukit Rawi, jalan arah Kurun dan Barito, Jalan Kotawaringin Lama dan Sampit. Perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan juga menjadi perhatian dalam menyiagakan tim dan Posko. (Hardi/beritasampit.co.id).