Prioritaskan Vaksin Covid-19 Bagi Daerah Zona Merah Kotawaringin Barat

Penulis : Maman Wiharja (Wartawan beritasampit.co.id).

MASYARAKAT Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah saat ini sedang dirundung keprihatinan, karena rasa ketakutan kena virus corona alias Covid-19 kerap datang menghantui pikiran. Apalagi saat bunyi sirine ambulans, yang hampir tiap hari meraung-raung di jalan raya, tentunya menambah padat rasa takut masyarakat.

Menyusul sebaran Covid-19 di Kotawaringin Barat sampai hari Rabu, 23 Desember 2020 semakin bertambah, dengan total konfirmasi positif sebayak 1.906 orang, pasien Covid-19 dalam perawatan sebanyak 794 orang, pasien sembuh sebanyak 1.078  orang dan yang meninggal dunia sudah 34 orang.

Dengan data ini menjadikan Kabupaten Kotawaringin Barat dengan sebaran Covid-19 tertinggi di Provinsi Kalimantan Tengah, masih ranking tertinggi di atas Kota Madya Palangka Raya dengan konfirmasi positif 1.848 orang, pasien dalam perawatan 336 orang, kasus sembuh 1425 orang dan meninggal 87 orang. Sementara Kabupaten Kotawaringin Timur diurutan ketiga, dengan konfirmasi positif 1.059, dalam perawatan 352, pasien sembuh 761 dan meninggal 36 orang.

BACA JUGA:   Mudah-Mudahan Vaksin Datang Virus Corona Kabur

Serangan wabah virus corona ini cepat menyerang hingga ke berbagai daerah di seluruh Indonesia, terutama di Kalimantan Tengah. Dengan begitu diharapkan Pemerintah Pusat agar kabupaten dan kota yang sedang Zona Merah diprioritaskan pengiriman Vaksin Covid-19, terutama untuk Kabupaten Kotawaringin Barat. Sebab tidak menutup kemungkinan, sekarang dan hari esok virus corona akan semakin cepat menular kepada masyarakat lainnya.

Memprioritaskan pengiriman Vaksin Covid-19, untuk kabupaten dan kota yang sedang dilanda Zona Merah, mudah-mudahan bisa ditindaklanjuti para wakil rakyat di DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat dan Provinsi Kalimantan Tengah, untuk meminta bantuan perpanjangan tangan kepada mereka para Wakil Rakyat di DPR RI dan DPD RI, dari masing-masing perwakilan Provinsi.

BACA JUGA:   Vaksin Covid-19 Sudah Datang, Masyarakat Jangan Tegang

Mengingat di Provinsi Kalimantan Tengah, sebaran Covid-19 khususnya di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kota Palangka Raya semakin meningkat. Kita minta keikhlasan para elit politik di DPR RI dan DPD RI Senayan, sebagai perwakilan masyarakat Kalteng.

Yakni H. Iwan Kurniawan, S.H, M.Si (Partai Gerindra), Dr. Ir. Willy Midel Yoseph, M.M. (PDIP), H. Agustiar Sabran, S.Kom (PDIP). Drs. Mukhtarudin (Partai Golkar), Ary Egahni, SH (Partai Nasdem), Bambang Purwanto, S.ST, MH. (Partai Demokrat). Dan dari DPD RI Perwakilan Kalteng masing-masing, Dr. Agustin Teras Narang, S.H, H. Muhammad Rakhman, S.E., S.T. dan Habib Said Abdurrahman, serta  Hj. Yustina Ismiati, S.H., M.H .

Penulis juga mengimbau kita semua agar jangan bosan mentaati protokol kesehatan dan mendukung berbagai usaha jaran TNI dan POLRI yang saat ini sedang terus berupaya melakukan pencegahan menularnya Covid-19 kepada masyarakat.