Tahun 2020 410 Netizen Dibina Cyber Troops Humas Polda Kalteng

RILIS AKHIR TAHUN : HARDI/BERITA SAMPIT - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Kombes Pol Hendra Rochmawan, saat menyampaikan rilis akhir tahun di aula Bidang Humas Polda Kalteng.

PALANGKA RAYA – Cyber Troops Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Tengah (Kalteng) telah melakukan pembinaan terhadap netizen sebanyak 410 orang di sepanjang tahun 2020.

Pembinaan dilakukan kepada pengguna media sosial yang kedapatan menyebarkan narasi atau konten berita bohong, ujaran kebencian, pornografi dan bernada SARA.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Humas Polda Kalteng, Kombes Pol Hendra Rochmawan, saat menyampaikan rilis akhir tahun di aula Bidang Humas, Selasa 29 Desember 2020.

BACA JUGA:   Tokoh Kotawaringin Kumpul Bareng Supian Hadi di Sampit

“Sejumlah pembinaan dan sosialisasi terus kita lakukan dalam rangka mengedukasi masyarakat agar bijak dalam bermedia sosial. Seperti di sekolah, kampus maupun kelompok masyarakat,” kata Hendra Rochmawan.

Disebutkan, kemunculan Cyber Troops Bidhumas dimaksudkan untuk menekan munculnya postingan berita bohong dan ujaran kebencian yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan Kamtibmas.

“Saat ini munculnya berita bohong tidak bisa dipandang sebelah mata. Mengingat kerawanan yang dapat ditimbulkan dapat menganggu kondusifitas wilayah,” ucapnya.

Kehadiran Cyber Troops diharuskan mampu meredam penyebaran berita bohong di media sosial melalui patroli yang terus dilakukan setiap hari di dunia maya. Jika mendapatkan isu negatif ataupun ujaran kebencian maka segera dilakukan antisipasi secara cepat dan tepat.

BACA JUGA:   Kasus HIV di Kota Palangka Raya Masih Tinggi

“Pembinaan yang kita lakukan bersifat mendidik dengan menjelaskan ketidaktahuan mereka dalam suatu masalah. Untuk itu kita selalu mengimbau agar masyarakat untuk menyaring terlebih dulu informasi yang didapat baru mempostingnya di media sosial,” tuturnya. (Hardi/beritasampit.co.id).