Apel Kesiapsiagaan, Polisi : Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Hardi/BERITA SAMPIT - Dandim 1016/PLK Kolonel Inf. I Gede Putra Yasa saat mengecek peralatan di Halaman Kantor Walikota Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Personil gabungan menggelar Apel Kesiapsiagaan dalam rangka Penanggulangan Bencana Tahun 2021 di Halaman Kantor Walikota Palangka Raya, Kamis 31 Desember 2020.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri, Dandim 1016/PLK Kolonel Inf. I Gede Putra Yasa, selaku Pimpinan Apel, Wakapolresta Palangka Raya, Sekda Kota Palangka Raya, Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Kepala Basarnas Kota Palangka Raya, Pejabat TNI Polri dan Forkopimda Kota Palangka Raya.

Apel Kesiapsiagaan tersebut juga dihadiri oleh ratusan personel gabungan yang terdiri dari Anggota Kodim, Pleton Polresta Palangka Raya, Pleton Brimob, Pleton Dit Samapta Polda Kalteng, Satpol PP, Dishub, BPBD, Damkar, Tagana, PLN, Satgas Covid-19 Kota, Satgas Aman Nusa II dan Pasukan bermotor Perwakilan Bhabinkamtibmas serta Babinsa seKota Palangka Raya.

Dalam amanatnya, Dandim 1016/plk menyampaikan bahwa penanggulangan bencana ialah suatu proses yang dinamis, berlanjut dan terpadu untuk meningkatkan kualitas langkah-langkah yang berhubungan dengan observasi dan analisis serta pencegahan, penjinakan, kesiapsiagaan, penanganan darurat, rehalibitasi dan rekonstruksi yang diakibatkan oleh bencana.

BACA JUGA:   Polresta Palangka Raya Gelar Apel Pelepasan Personel BKO

“Kebijakan penanggulangan bencana memberikan prioritas tinggi pada peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat, serta jajaran Pemerintah, terutama di daerah rawan bencana kemampuan petugas dan masyarakat untuk pencarian dan penyelamatan, pemberian pengobatan serta perawatan korban ditingkatkan, baik dalam kecepatan maupun ketepatan waktu penyelamatan dengan dukungan peralatan yang memadai,” kata Dandim 1016/PLK Kolonel Inf. I Gede Putra Yasa.

Hal tersebut tentunya perlu didukung oleh kebijakan pemerintah yang jelas, anggaran yang cukup, fasilitas dan peralatan yang memadai, serta ada dukungan dari semua pihak terkait serta peran serta para relawan dan masyarakat.

Hardi/BERITA SAMPIT – Kabagops Polresta Palangka Raya Kompol Hemat Siburian saat menyampaikan Tactical Wall Game (TWG) di Halaman Kantor Walikota Palangka Raya

Kegiatan tersebut diikuti oleh 300 personel gabungan yang terdiri dari Pleton TNI Kodim1016/Plk, Pleton Polresta Palangka Raya dari Satsabhara, Satlantas dan CRT, Pleton Sat Brimob Polda Kalteng, Pleton Direktorat Samapta Polda Kalteng, Satpol PP Kota, Dinas Perhubungan Kota, BPBD Kota, Damkar, Tagana, Tim Siaga PLN, Satgas Covid-19 Kota, Satgas Aman Nusa II Polresta Palangka Raya dan Pasukan bermotor Perwakilan Bhabinkamtibmas dan Babinsa seKota Palangka Raya.

BACA JUGA:   Amankan Sidang Pleno, Polresta Koordinasi Dengan KPU Kota Palangka Raya

Dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan yang dipimpin oleh Komandan Kodim 1016/Plk tersebut, selain dilakukan pengecekan pasukan serta perlengkapan juga dirangkai dengan Tactical Wall Game (TWG) yang dipimpin oleh Kabagops Polresta Palangka Raya Kompol Hemat Siburian, dan diikuti oleh masing-masing komandan pasukan.

“Kegiatan pengamanan malam pergantian tahun 2021 akan difokuskan pada kegiatan Ibadah Tutup Tahun yang akan dilaksanakan oleh Umat Kristiani di beberapa Gereja serta kegiatan Patroli Gabungan berskala besar guna mencegah adanya aktivitas masyarakat yang dapat mengundang terjadinya kerumunan,” kata Kabagops Polresta Palangka Raya Kompol Hemat Siburian.

Hemat menegaskan pihaknya telah sampaikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak merayakan malam pergantian tahun dengan kegiatan yang menimbulkan kerumunan orang, apabila masih ditemukan akan kita lakukan tindakan tegas dengan membubarkan.

Dirinya juga mengharap agar seluruh warga Kota Palangka Raya dapat merayakan malam tahun baru 2021 bersama keluarga di rumah masing-masing guna mencegah terjadinya cluster penyebaran covid-19 akibat pelanggaran Protokol Kesehatan.

(Hardi/Beritasampit.co.id)