Refleksi Pemkab Kobar Tahun 2020: Semangat Kerja Dalam Duka

Ilustrasi - Kang Maman.

Penulis: Maman Wiharja (Wartawan beritasampit.co.id).

SELAMAT tinggal tahun 2020 dan selamat datang tahun baru 2021. Satu tahun berlalu begitu cepat, sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat kalau kita merefleksi secara mendalam, walau sedang berduka karena pandemi Covid-19, tapi tampaknya mereka tetap semangat.

Kabupaten Kotawaringin Barat mulai berduka pada bulan Maret 2020, dimana saat itu Bupati Kotawaringin Barat Hj. Nurhidayah pada 3 Maret 2020 membuat Surat Edaran Nomor 800/1714/KD.C, tentang kesiapsiagaan penyebaran Covid-19, yang disampaikan kepada unsur Forkopinda, SOPD, Camat, Lurah dan Kepala Desa, serta para pelaku usaha dan pengusaha.

Dalam isi surat tersebut, pada intinya Bupati Kotawaringin Barat mengimbau kepada semua pihak dan masyarakat, secara bersama-sama memerangi Covid-19 dengan cara mematuhi aturan yang ditetapkan pemerintah, antara lain mematuhi dan melaksanakan Protokol Kesehatan.

BACA JUGA:   Bupati Kobar Harap Seluruh Target Pembangunan Terealisasi Hingga Akhir Periode NURANI

Seiring dengan masa pandemi Covid-19 hampir 5 bulan lebih Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat dan jajarannya bersama TNI-POLRI, serta pihak swasta disibukan dengan pengadaan sembako, untuk disumbangkan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Seiring dengan pembagian sembako bantuan sosial tersebut, musibah banjir juga kembali terjadi di beberapa wilayah kecamatan yang merendam pemukiman masyarakat kelurahan dan desa. Maka, sembako kembali disumbangkan untuk masyarakat yang terdampak banjir di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Datangnya musibah banjir, menambah duka masyarakat, namun Srikandi Kobar Hj. Nurhidayah yang didampingi Wakil Bupati Ahmadi Riansyah, tampaknya tetap semangat untuk menunaikan tugasnya, membangun demi masa depan masyarakat.

Bukti dimasa pandemi Covid-19 Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat tetap semangat, dibuktikan dengan acara peresmian 4 jembatan di Kecamatan Arut Utara serta membuka lagi akses jalan pelosok desa melalui konsorsium perusahaan.

BACA JUGA:   Jalan Pangkalan Bun - Kolam Ditutup Bagi Kendaraan Roda 6

Bukan itu saja, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) seperti PDAM, berhasil meraih prestasi Tingkat Nasional Tahun 2020. Tapi duka kembali datang, menyusul Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Ahmadi Riansyah pada 22 Juli 2020, dinyatakan positif Covid-19.

Hal ini disampaikan langsung Ahmadi Riansyah, melalui live streaming pada akun media sosial facebook pribadinya, Rabu 22 Juli 2020 pukul 21.00 WIB.

“Masyarakat Kobar yang saya cintai. Malam ini saya mendapat kabar dari hasil pemeriksaan PCR dari swab yang diambil sampelnya pada 21 Juli 2020 saya terkonfirmasi positif Covid-19,” katanya.

Kemudian pada 29 Agustus 2020 Ahmadi Riansyah, Alhamdullilah dinyatakan sembuh dari Covid-19, dan kembali bertugas seperti biasa, melaksanakan tugas sebagai Wakil Bupati. (BERSAMBUNG).