Sekda Kalteng Pimpin Pembacaan Deklarasi Bersama Tolak Radikalisme dan Intoleransi

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri saat memimpin pembacaan deklarasi bersama di Makorem 102/PJG.

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah (Kalteng) Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng Sugianto Sabran hadir dalam Apel Kesiapan Pengamanan Tahun Baru 2021 yang digelar di bawah suasana mendung dan rintik hujan, di Lapangan Makorem 102/Panju Panjung, Palangka Raya, Kamis 31 Desember 2020.

Apel tersebut merupakan salah satu bentuk kesiapan dan koordinasi antar satuan bagian yang terlibat pengamanan bersama Pemerintah Daerah serta mitra kamtibmas lainnya dalam aspek kesiapan personel maupun sarana dan prasarana yang akan dilibatkan guna mendukung pengamanan perayaan Tahun Baru 2021 di Provinsi Kalteng.

Sebagaimana diketahui pengamanan malam pergantian tahun baru 2021 kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 sedang melanda.

Kapolda Kalteng, Irjen Pol. Dedi Prasetyo dalam sambutan Danrem 102/PJG yang dibacakannya mengatakan, koordinasi harus terus dilakukan agar tercipta sinergitas yang baik antar para unsur komandan satuan dan pimpinan masing-masing bagian.

BACA JUGA:   Polsek Sebangau Amankan Ibadah di Sejumlah Gereja

“Oleh karena itu, saya mengharapakan seluruh bagian untuk selalu melaksanakan koordinasi yang ketat pada setiap kegiatan, sehingga pengamanan tahun baru dapat berjalan dengan lebih baik dan lancar,” ungkapnya.

Di samping itu, Kapolda Irjen Pol. Dedi Prasetyo juga menekankan agar seluruh personel pengamanan jeli dengan perkembangan situas di lingkungan penugasan, tidak memandang sepele situasi yang perlu mendapat perhatian serta memeriksa dengan cermat seluruh tempat, orang maupun hal lainnya yang dapat menimbulkan kerawanan terhadap obyek pengamanan, personel pengamanan tidak boleh lalai dalam tugasnya.

Sehubungan dengan pencegahan penyebaran COVID-19, Dedi pun berpesan agar seluruh personel tetap menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

BACA JUGA:   Cegah Covid-19 di Tempat Wisata, OJK Kalteng Kolaborasi Dengan BRI dan Pemerintah

Sementara itu Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri dalam kesempatan tersebut, didaulat memimpin pembacaan Deklarasi bersama yang isinya antara lain menyatakan bahwa Pemerintah Daerah, TNI, POLRI, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Provinsi Kalteng mendukung pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, mendukung surat keputusan bersama tentang pembubaran Ormas FPI dan menolak segala bentuk radikalisme dan intoleransi yang memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Turut hadir dalam Apel Kesiapan Pengamanan Tahun Baru 2021 dan ikut serta dalam deklarasi bersama tersebut, antara lain Danrem 102/PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, pejabat TNI dan Polri, serta sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat di Kalimantan Tengah dan diikuti oleh personel TNI/Polri, beserta Satuan Pengamanan dari seluruh instansi. (Hardi/beritasampit.co.id).