Bamsoet Gandeng Atlit Muda dan Tokoh Senior Otomotif Indonesia

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo rapat perdana dengan Tim Formatur Kepengurusan IMI di Bali, Senin (4/1/2021) (dok: MPR for beritasampit.co.id)

BALI– Ketua MPR RI yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) periode 2021-2024, Bambang Soesatyo, menegaskan kepengurusan IMI kedepan akan diisi banyak oleh pembalap muda berprestasi dan tokoh senior otomotif Indonesia.

Suntikan darah segar dari kaum muda diyakini akan membuat IMI lebih hidup, gaul, berwarna, up to date serta go internasional.

“Banyak generasi muda yang memiliki kemampuan dan prestasi mengagumkan di dunia olahraga otomotif. Semua potensi yang ada tersebut harus kita rangkul bersama. Sehingga, olahraga bermotor atau otomotif Indonesia bisa kembali berjaya di kancah Internasional,” ujar Bamsoet usai rapat perdana dengan Tim Formatur Kepengurusan IMI di Bali, Senin (4/1/2021).

Bamsoet menuturkan sejumlah nama atlit otomotif Indonesia akan ditempatkan dalam kepengurusan IMI sesuai bidangnya masing-masing. Di pembalap roda empat ada nama-nama beken kakak-beradik Rifat dan Rizal Sungkar, Ananda Mikola, Moreno Soeprapto, Alvin Bahar, Sean Gelael, Jimmy Lukita, Rio Haryanto atau Fitra Eri.

“Sementara untuk pembalap roda dua ada pembalap wanita Inuk Blazer, kroser senior Johni Pranata, Wawan Tembong, Akbar Taufan serta Reza. Anak-anak muda berprestasi seperti ini akan kita berikan posisi di kepengurusan IMI,” kata Bamsoet.

Tak hanya menggandeng generasi muda, Bamsoet juga merangkul tokoh-tokoh senior di dunia otomotif. Ketum IMI 2015-2020 Sadikin Aksa akan ditempatkan sebagai wakil ketua. Sedangkan, Letjen (TNI) AM Putranto didapuk menjadi Ketua Dewan Pembina IMI.

“Para senior lain seperti Tommy Soeharto, Komjen Pol (purn) Nanan Soekarna, Tinton Soeprato, Ricardo Gelael, Prasetyo Edi Marsudi, Komjen Pol (purn) M Iriawan serta Irjen Pol Sam Budi Gusdian sudah kita hubungi untuk bergabung menjadi Pembina dalam kepengurusan IMI 2021-2024. Dengan semangat ‘Standing and Growing Together’, IMI kedepan harus semakin solid, mandiri dan berdaya guna, sehingga bisa terus bermanfaat bagi bangsa dan negara,” ujar Bamsoet.

Hadir dalam rapat perdana formatur IMI tersebut Mantan Ketua Umum IMI Sadikin Aksa, Ketua IMI Kepri Usep Rahmat, Ketua IMI Bali I Nyoman Seniweca. Dengan Pengawas IMI Pusat Syamsul Bachri. Sementara Ketua IMI Sulsel Subhan Aksa, ijin berhalang hadir karena ada pemakaman mertua yang juga pembalap senior Alex Asmasoebrata.

Susunan pengurus lengkap rencananya akan diumumkan dan dilantik oleh Menpora RI dua pekan depan. Para youtuber papan atas yang memiliki fashion automotive seperti Raffi Ahmad, Atta Halilintar, Gading Marten, Andre Taulany, Jolene Marie dan lain-lain akan memperkuat barisan IMI untuk merangkul potensi anak muda milenial mengukir prestasi dan menembus dunia.

“Agar IMI segera mendunia dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan pasca pandemi covid-19, kami di formatur sepakat untuk menambah bidang tugas yang akan kami mintakan persetujuan dalam Munaslub atau Munasus mendatang. Yakni, Bidang Digital Motorsport dan Bidang Event & Jaringan Internasional,” ujar Bamsoet.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini juga menjelaskan bahwa dirinya sudah berkomunikasi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno untuk berkolaborasi mengembangkan destinasi baru pariwisata otomotif untuk menarik wisatawan dunia.

“Sports Automotive Tourism dengan dipadukan dengan keindahan alam Indonesia akan menjadi andalan baru industri pariwisata nasional. Kita akan gandeng investor dunia untuk membangun beberapa kawasan wisata motorsport Terpadu roda empat seperti balap mobil, drag race, karting, slalom, drifting, time rally, rally & sprint rally, speed off road, adventure off road dan roda dua seperti Balap motor, drag bike, motocross/supermoto, grass track, freestyle yang sangat digandrungi jutaan pencinta automotive dunia,” pungkas Bamsoet.

Di tempat ini juga bisa dilengkapi menjadi kawasan modifikasi mobil/motor nasional untuk kebutuhan domestik maupun internasional karena produk modifikasi Indonesia sangat diminati penggemar automotif dunia.

(dis/beritasampit.co.id)