Ini Faktor Penyebab Naiknya Harga Cabai

HARDI/BERITA SAMPIT - Kasi Harga Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng M Mujiono di ruang kerjanya.

PALANGKA RAYA – Harga Cabai pada awal tahun 2021 di Kalimantan Tengah (Kalteng) masih mengalami kenaikan. Kasi Harga Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng M Mujiono menyebutkan, untuk kisaran harga cabai rawit, untuk Hari Senin 4 Januari 2021 berada pada harga Rp 66.429 per kilogram dan untuk cabai kriting Rp 66.786 per kilogram.

Hal ini disampaikan Mujiono saat berada di Kantornya Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng. Dia menjelaskan, terkait faktor kenapa harga tersebut mengalami kenaikan.

BACA JUGA:   Satgas Aman Nusa II Polresta Palangka Raya Ingatkan Masyarakat Selalu Patuhi Prokes

“Berdasarkan informasi dari petugas yang di lapangan, harga cabai itu mengalami kenaikan karena dari pengiriman mengalami pengurangan, dan faktor cuaca. Oleh karena faktor tersebut, para pedagang akhirnya menaikan harganya,” kata Mujiono.

Untuk bahan pokok lainnya di Kalteng seperti beras premium, beras medium dan beras termurah masih tetap stabil, dengan kisaran harga beras premium Rp 15.036 per kilogram, beras medium Rp 13.286 per kilogram dan beras termurah Rp 10.786 per kilogram.

BACA JUGA:   Dewan Harap Vaksin Covid-19 Benar-Benar Vaksin

Untuk minyak goreng masih stabil dengan kisaran harga Rp 13.394 per liter dan untuk tepung terigu juga masih stabil di kisaran harga Rp 8.143 per kilogram. Serta untuk gula pasir di Kalimantan Tengah masih relatif stabil di kisaran harga Rp 13.250 per kilogram. (Hardi/beritasampit.co.id).