Ini Sektor Ekonomi Berpotensi Berkembang di Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Kepala BPS Kalteng Eko Marsoro saat memaparkan rilis di Kantor BPS Kalteng.

PALANGKA RAYA – Ada beberapa sektor ekonomi yang berpotensi dapat berkembang di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), selain itu juga ada sektor yang memang perlu penguatan.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalteng merilis pada, Senin 4 Januari 2021, bahwa sektor pertanian di Kalteng masih bisa terus dikembangkan baik dari segi pemanfaatan lahan dan peningkatan produksi pangan.

“Mengingat dari segi pemicu inflasi yang terus bergejolak ialah kelompok bahan makanan, karena ketersediaan bahan makanan dikarenakan banyak komoditas yang masih bergantung dari luar provinsi,” kata Kepala BPS Kalteng Eko Marsoro di kantornya.

BACA JUGA:   Dirpolairud Polda Kalteng Santuni Korban Serangan Buaya

Sementara itu, kata Eko, untuk sektor akomodasi dan pariwisata diperkirakan masih akan terpengaruh pandemi Covid-19. Awal tahun 2021 pandemi Covid-19 kembali meningkat dan pemerintah menerapkan aturan pembatasan WNA masuk Indonesia. Hal tersebut akan berpengaruh pada kunjungan wisatawan asing ke fasilitas akomodasi maupun pariwisata.

“Untuk sektor pengangkutan, pada angkutan laut, lalu lintas penumpang dan barang sudah mulai membaik, namun untuk angkutan udara masih akan terpengaruh pandemi Covid, terlebih harga tiket dari pantauan harga konsumen naik,” jelasnya.

BACA JUGA:   Sambangi Warga Pesisir DAS Seruyan, Satpolairud Ingatkan Protokol Kesehatan

Selain itu, dijelaskan, untuk sektor pertambangan masih menjadi andalan ekspor Kalteng, dari nilai ekspor kumulatif Januari – November 2020, pertambangan biji zircon dan lainnya masih mengalami peningkatan. Sementara komoditas unggulan lain justru mengalami penurunan. (Hardi/beritasampit.co.id).