Ada Dua Sektor Berpotensi Paling Besar di Kalteng, Minat Investasi Akan Banyak Datang

IST/BERITA SAMPIT - Fitria Husnatarina, Pengamat Ekonomi sekaligus Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya.

PALANGAKA RAYA – Sektor yang berpotensi paling besar di Kalimantan Tengah (Kalteng) adalah sektor pertanian dan perkebunan. Sektor ini menjadi primadona karena ada induksi program Nasional Food Estate.

Hal ini disampaikan Pengamat Ekonomi yang juga Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya, Fitria Husnatarina, Selasa 5 Januari 2021 di Palangka Raya. Menurutnya, sektor lainnya adalah sektor perdagangan, serta aktivitas sektor real lainnya.

BACA JUGA:   Polisi Gencar Patroli Objek Vital Pilkada

“Yang menarik adalah kemungkinan besar munculnya aktivitas-aktivitas bisnis lainnya sebagai multiflayer Effect dari program nasional Food Estate,” ungkapnya.

Kata dia, dalam 1 (satu) tahun kedepan dapat dipastikan minat investasi akan banyak berdatangan ke Kalteng, bahkan variasi bisnis akan sangat beragam.

“Dengan itu harapan terbesar saya adalah bagaimana Pemerintah memiliki program yang bisa menggiatkan usaha UMKM tidak cukup hanya menganggarkan belanja Pemerintah Daerah (Pemda) untuk produk dan jasa yang dihasilkan UKM,” tuturnya.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Kalteng Serap Aspirasi Masyarakat saat Pandemi Covid-19

Untuk mendukung aktivitas UMKM sebagai bentuk penguatan ekonomi daerah lokal, menurut Fitria, lebih kepada melakukan branding dan ada intervensi kebijakan. Apalagi kondisi pandemi masih akan lama dihadapi dan intervensi kebijakan-kebijakan strategi penguatan perekonomian daerah sangat dibutuhkan. (M.Slh/beritasampit.co.id).