Bamsoet Layat Jenazah Putra Raja Klungkung Bali Tjokorda Gede Agung

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (Dok: MPR for beritasampit.co.id)

BALI– Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melayat tokoh Puri Agung Klungkung yang juga merupakan Bupati Klungkung periode 1983-1993, Tjokorda Gede Agung, yang wafat pada 30 Mei 2020.

Jenazah putra Raja Klungkung terakhir, Ide Dewagung Oka Geg, ini rencananya akan di palebon pada 6 Januari 2021.

“Monumen Puputan Klungkung sebagai tempat mengenang perjuangan rakyat Klungkung dalam Perang Puputan, yang kini menjadi ikon di Klungkung, merupakan salah satu peninggalan almarhum saat masih menjabat Bupati Klungkung. Monumen tersebut merupakan simbol kegigihan sekaligus pengingat kepada generasi muda bangsa, bahwa masyarakat Klungkung sangat gigih mempertahankan harkat, derajat, dan martabatnya dari penjajahan kolonial Belanda,” ujar Bamsoet di Bali, Selasa (5/1/2021).

Ketua DPR RI ke-20 ini juga mengapresiasi pihak keluarga besar Puri Agung Klungkung yang sempat menunda prosesi Plebon jenazah Tjokorda Gede Agung, mengingat di tahun 2020 lalu kondisi penyebaran Covid-19 sangat mengkhawatirkan. Rencana plebon yang akan dilakukan pada 6 Januari 2021 ini, jikapun terjadi harus dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Plebon tak hanya menjadi ritual keagamaan saja. Melainkan juga penarik perhatian turis. Terlebih sosok Tjokorda Gede Agung merupakan tokoh yang disegani masyarakat Klungkung, serta warga Bali pada umumnya. Pasti banyak warga yang ingin memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum. Untuk itu, diperlukan kesadaran bersama untuk menerapkan protokol kesehatan dalam prosesi Plebon ini,” jelas Bamsoet.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini menekankan, kepergian Tjokorda Gede Agung menghadap Sang Maha Kuasa, menjadi pengingat kepada para generasi muda Bali maupun keluarga besar Puri Agung Klungkung untuk meneruskan semangat juang almarhum. Khususnya, dalam menjaga dan melestarikan seni dan budaya.

“Seni dan budaya adalah kekuatan terbesar bangsa Indonesia yang tak dimiliki bangsa lain. Dengan seni dan budaya, dibawah kepemimpinan Tjokorda Gede Agung dan juga Bupati penerusnya, Klungkung bisa maju. Jangan sampai kondisi ini menjadi mundur, lantaran ketidakpedulian kita terhadap pemajuan seni dan budaya,” pungkas Bambang Soesatyo.

(dis/beritasampit.co.id)