Instruksi Gubernur Kalteng: Tenaga Kesehatan Harus Dipastikan Dapat Vaksin Covid-19

IST/BERITA SAMPIT - Petugas saat memindahkan vaksin Covid-19 ke Gudang Farmasi Dinkes Provinsi Kalteng.

PALANGKA RAYA – Vaksin Covid-19 sebanyak 14.680 dosis tersebut telah diterima oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Selasa 5 Januari 2021.

Vaksin tersebut nantinya akan diperuntukkan bagi seluruh tenaga kesehatan dan tenaga lainnya yang bekerja di fasilitas kesehatan, baik fasilitas kesehatan milik pemerintah daerah, TNI/Polri, maupun milik swasta yang ada di Kalteng.

Fasilitas kesehatan tersebut, meliputi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Rumah Sakit TNI, Rumah Sakit Bhayangkara, Rumah Sakit Swasta, Rumah Bersalin, Puskemas, Klinik, dan praktik perorangan.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran memberi instruksi kepada Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng untuk memastikan seluruh tenaga kesehatan mendapatkan vaksin sebagaimana haknya.

BACA JUGA:   28 Pelanggar Prokes Diberi Sanksi Oleh Satgas Penanganan Covid-19

“Agar Dinas Kesehatan Provinsi memastikan tidak ada tenaga kesehatan yang memiliki hak untuk mendapatkan vaksin tidak mendapatkan haknya,” kata Sugianto

Sementara itu, ribuan dosis vaksin Covid-19 yang telah diterima hari ini selanjutnya akan didistribusikan ke kabupaten dan kota se-Kalteng pada tanggal 8-12 Januari 2021.

Pemprov Kalteng saat ini sedang melatih tim fasilitator vaksinasi tingkat provinsi yang selanjutnya akan melatih vaksinator di kabupaten dan kota.

“Diharapkan semua Puskesmas memiliki minimal satu orang vaksinator pada tahap pertama vaksinasi Covid-19. Jumlah vaksinator akan ditambah terus untuk menghadapi tahap-tahap vaksinasi selanjutnya yang jumlah sasarannya jauh lebih banyak lagi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng Suyuti Syamsul.

BACA JUGA:   Pelayanan Publik yang Cepat Semakin Jadi Kebutuhan Utama Masyarakat

Berdasarkan laporan dan hasil pemantauan, semua gudang farmasi di kabupaten dan kota dan 202 Puskesmas se-Kalteng telah memilih rantai dingin yang terdiri dari freezer dan cold box.

“Berdasarkan data yang ada dapat disimpulkan bahwa Kalteng telah siap melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama dan tahap-tahap selanjutnya,” pungkas Suyuti Syamsul. (Hardi/beritasampit.co.id).