Saling Bahu-Membahu Untuk Pencegahan Penularan Covid-19

LULUS/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua II DPRD Mura Rahmanto Muhidin S,H.I., M.H.

PURUK CAHU – Dunia saat ini sedang berduka karena disebabkan wabah corona atau Covid-19 yang penyebarannya sudah menyentuh berbagai negara termasuk Indonesia, virus yang sudah menelan korban ribuan jiwa itu masih menjadi persoalan bersama.

Guna mengatasi persoalan itu, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sudah mengeluarkan berbagai kebijakan mengatasi masalah itu termasuk memutus mata rantai penyebarluasannya.

Untuk maksimalkan hal ini, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Murung Raya (Mura) Rahmanto Muhidin mengajak seluruh masyarakat untuk bahu membahu mencegah penyebaran virus Covid-19.

“Oleh karena itu kami berharap kepada masyarakat dapat mendukung pencegahan penularan Covid-19 ini.  bukan hanya menjadi tugas fungsi atau kerja Pemerintah Daerah saja, tetapi menjadi tugas fungsi kita bersama,” ujar Rahmanto, Selasa 5 Januari 2020.

Dikatakan pula, walaupun pemerintah berusaha keras semaksimal mungkin berupaya memutus mata rantai penyebaran corona tersebut, tetapi kalau masyarakatnya tidak menuruti apa yang menjadi anjuran oleh pemerintah maka tidak akan berjalan dengan baik.

BACA JUGA:   Polres Mura Gelar Rakor Lintas Sektoral

“Antara pemerintah, rakyat, pemegang kebijakan (Bupati) kita semua harus betul-betul saling bahu-membahu untuk pencegahan penularan Covid-19 ini. Dari sisi kinerja Pemerintah Daerah dan ketersediaan anggaran serta kemaksimalan untuk tenaga medis kita sudah sangat luar biasa sampai dengan hari ini,” bebernya.

Disampaikan Politisi PKB ini juga, bahwa hasil rasionalisasi dan sinkronisasi sesuai dengan perintah Pemerintah Pusat dari Kemenkeu maupun Kemendagri terkait realisasi anggaran untuk penanganan Covid-19 sudah dimaksimalkan kurang lebih Rp 65 miliar tahun 2020 yang tertuang dalam komponen atau program kegiatan.

“Tentu dalam program dan kegiatan ada banyak kekurangan yang kurang puas, ada juga hal-hal yang tidak tepat. Ini akan menjadi catatan dan bahan evaluasi untuk perbaikan kinerja kami di tahun 2021 untuk proses realisasi anggaran khususnya untuk penanganan Covid-19,” tambahnya lagi.

BACA JUGA:   Data Terupdate Covid-19 di Mura Tembus 533 Orang

Dijelaskan Rahmanto, untuk realisasi anggaran tahun 2020 secara detail nya adalah Pemerintah Daerah, namun pihak legislatif lebih melihat dari pada hasil capaian kinerjanya.

“Alhamdulillah untuk Mura sejauh ini kami menilai apa yang telah dilakukan oleh Satgas Covid-19 dalam penanganan dan pencegahan virus ini sudah berusaha semaksimal mungkin. Satgas maupun tenaga medis selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, walaupun disisi lain masih banyak kekurangan sebagai manusia biasa tak luput dari kekurangan,” tandasnya. (Lulus/beritasampit.co.id).