Pemerintah Jangan Setengah-Setengah Atasi Kemiskinan

LULUS/BERITA SAMPIT - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Murung Raya, H. Mariyanto S.Pd.

PURUK CAHU – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Murung Raya (Mura), H. Mariyanto mengharapkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) setempat untuk dapat dengan serius mengatasi kemiskinan di daerah ini guna menuju Mura Emas 2030 nantinya.

“Kalau mau Mura Emas benar-benar bisa kita capai, maka pekerjaan yang utama dilakukan oleh pemda setempat adalah mengatasi kemiskinan di daerah ini, mengingat masih banyaknya masyarakat Mura khususnya yang tinggal di pedesaan masih hidup pada garis kemiskinan,” Katanya H. Mariyanto di kantor DPRD Mura, Rabu 6 Januari 2021.

Menurut Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, hal itu menyadari bahwa sampai saat ini memang pemerintah daerah setempat terus berusaha untuk mengatasi kemiskinan yang ada di daerah ini, akan tetapi hal itu tak kunjung teratasi karena kurangnya kerjasama yang baik antar SKPD.

BACA JUGA:   Bupati Murung Raya Serahkan 77 SK CPNS

“Kalau hanya 1 atau 2 SKPD saja yang bekerja mana bisa kemiskinan yang ada di daerah ini dapat teratasi, oleh sebab itu saya harapkan seluruh SKPD yang ada dapat bergandeng tangan mengatasi hal tersebut,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan bahwa program andalan yang dimiliki oleh Bupati dan Wakil Bupati Murung Raya periode 2018-2023 ini sangatlah membantu untuk mengatasi kemiskinan yang ada, baik itu dari program 1.5 Miliar 1 desa, Kartu Mura Sejahtera, Kartu Indonesia Sehat yang terintergrasi dari Kartu Mura Sehat (KMS) dan bantuan untuk biaya mahasiswa kuliah diberbagai jurusan.

BACA JUGA:   DPRD Apresiasi Bantuan Warga Mura Untuk Korban Banjir di Kalsel

“Memang 4 program di atas sangat membantu masyarakat, akan tetapi hal itu tidak akan merubah kehidupan masyarakat tanpa uluran tangan dari pemerintah daerah setempat melalui SKPD yang ada,” jelasnya.

Mariyanto juga mengatakan kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan agar mencapai sasaran, maka dalam pelaksanaannya perlu dilakukan secara terpadu dan terkoordinasi.

“Intinya koordinasi ini harus dilakukan dengan baik dan benar, baik itu antar wilayah pemerintahan maupun antar instansi terkait, dimana masyarakat juga harus ada terlibat didalamnya,” ujarnya.

Mariyanto menambahkan, dirinya berharap kedepannya angka kemiskinan di Kabupaten Mura setiap tahunnya dapat berkurang, sehingga masyarakat dapat hidup sejahtera, dan hal itu tentu menandakan bahwa Mura Emas benar-benar tercapai. (Lulus/beritasampit.co.id).