6 Tahun Berita Sampit: Mencerdaskan di Tengah Badai

Akhiruddin

Oleh: Akhiruddin (Pemimpin Redaksi Berita Sampit)

ALHAMDULILLAH, 7 Januari 2021, portal berita www.beritasampit.co.id genap berusia 6 tahun. Usia yang masih tergolong muda untuk menghadapi sejumlah badai khususnya dalam menyajikan berita kepada masyarakat Kalimantan Tengah dan seluruh dunia.

Setidaknya dalam usia yang ke 6 ini, www.beritasampit.co.id tidak hanya diperhadapkan peningkatan kualitas sebagai perusahaan media (pers), tapi guncangan ekonomi yang melanda dunia karena pandemi Covid-19 juga akan menjadi tabir dalam menatap masa depan.

Hampir setahun sejak Maret 2020, sejumlah pelaku ekonomi termasuk perusahaan pers harus ‘berdarah’ untuk sekedar bertahan berdiri di tempat. Bahkan tidak sedikit yang harus ‘tumbang’ karena tidak mampu menahan guncangan badai.

www.beritasampit.co.id juga merasakan yang sama, namun masih bisa berdiri tegak dalam guncangan badai ekonomi. Ada dua faktor penyemangat yang membuat media yang dibawah naungan PT Sampit Digital Media ini masih bisa bertahan hingga saat ini.

BACA JUGA:   Pulihkan Ekonomi Nasional, TPAKD Diharapkan Memperkuat Sinergitas dan Kolaborasi

Pertama adalah semangat Mencerdaskan Bangsa. Semangat ini ternyata mampu mensugesti perusahaan ini bertahan meskipun dengan tertatih-tatih menghadapi goncangan ekonomi. Alhamdulillah, hingga saat ini www.beritasampit.co.id tidak sampai melakukan perampingan tenaga kerja.

Tantangannya memang berat, karena saat ini media punya peran penting dalam memberikan informasi yang akurat di tengah gempuran media sosial yang sangat muedah diakses oleh masyarakat. Kebebasan dalam mengakses media sosial memang menimbulkan sejumlah perosalan. Salah satunya adalah banyaknya informasi hoax yang beredar di media sosial.

Sebagai media pers, tentunya bertanggung jawab dalam meluruskan informasi hoax yang beredar di masyarakat. Tentunya hal itu hanya bisa dilakukan dengan semangat mencerdaskan masyarakat.

BACA JUGA:   DPRD Kalteng Lirik Objek Wisata Punggualas untuk Dikembangkan

Kedua adalah Semangat Kemanusiaan. Kita harus mengakui bahwa salah satu hikmah yang dapat dipetik dalam Pandemi Covid-19 ini adalah semangat kemanusiaan. Sebagai perusahaan media, menyajikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat tentunya akan membantu masyarakat khususnya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Selama hampir setahun, www.beritasampit.co.id tidak pernah bosan memberikan informasi kepada masyarakat bagaimana menerapkan pola hidup sehat. Tentunya tidak lain bertujuan untuk menjaga masyarakat dari Covid-19.

Setidaknya dengan dua semangat yang menjadi pegangan www.beritasampit.co.id dalam mengambil peran membantu pemerintah dalam memutus mata rantai Covid-19. Semoga semangat yang tulus ini menjadi berkah tersendiri bagi perusahaan media sehingga badai ini cepat berlalu. Amin ya Rabbal Alamin. (*)