Anggota DPRD Seruyan Minta DKPP Perhatikan Petani

KUALA PEMBUANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Seruyan, Harry Darmawan minta kepada instansi terkait, dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat agar memerhatikan petani terkait bantuan dalam pengolahan lahan.

“Berdasarkan aspirasi masyarakat daerah pemilihan III yang disampaikan kepada kami, mareka mengeluhkan tidak bisa bertani dikarenakan minimnya bantuan pertanian dari pemerintah,” ucapnya pada 7 Januari 2021.

Menurut Harry Darmawan, bantuan yang diharapkan tersebut berupa alat mesin pertanian (alsintan) seperti hand tractor, bibit, pupuk dan lainnya, sehingga mereka bisa melaksanakan aktivitas pertanian dan sekaligus bisa meningkatkan hasil pertanian.

BACA JUGA:   Plh. Sekda Seruyan Buka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Perubahan RPJMD

“Bantuan ini sangat diperlukan bagi masyarakat dapil III untuk pengelolan lahan pertanian di daerah tersebut. Selain untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat, dan juga meningkatkan perekonomian,” harapnya.

Sementara itu, masyarakat dapil III juga kesulitan dalam mengolah lahan, dikarenakan wilayah pengolahan yang banyak ditemukan bekas kayu yang sulit dipindahkan menggunakan tangan kosong.

BACA JUGA:   Dewan Minta Pemkab Seruyan Tingkatkan Kualitas SDM Tenaga Pendidik

Ditambahkan, alsintan yang diharapkan ini lah yang sangat diperlukan untuk mengolah lahan-lahan tersebut, agar masyarakat bisa melaksanakan aktivitas pertanian dengan efektif.

“Hal ini yang harus menjadi perhatian kita bersama. Jangan sampai sektor yang diunggulkan seperti di bidang pertanian melemah di Bumi Gawi Hatantiring ini, sekali lagi kami harapkan pemkab dan pemprov lebih memerhatikan hal tersebut, tujuannya supaya masyarakat sejahtera,” tandasnya.