Dewan Minta Dinas Kesehatan Pantau Program Kesehatan Inti Sebelum Covid-19

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Kuwu Senilawati.

PALANGKA RAYA – Sekretaris Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Kuwu Senilawati menyampaikan bahwa di dalam memasuki tahun 2021 pihaknya akan meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan dalam pelayanan terhadap masyarakat semaksimal mungkin.

“Selain Covid karena sebelum Covid program-program kesehatan menjadi perhatian, artinya pengkreditan, pengerdilan dan kita diurutan ke-5 di Indonesia stanting kita itu sebelum Covid, sekarang dengan adanya Covid jadi kita belum tahu,” kata Kuwu Senilawati kepada awak media di Ruangan Komisi III DPRD Provinsi Kalteng, Kamis 7 Januari 2021.

Wakil Rakyat Daerah Pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas ini berharap, Dinas Kesehatan juga sambil memantau tidak hanya soal Covid-19 saja, karena itu ada gugus tugas, tapi program-program kesehatan yang dulu memang sudah program intinya pelayanan kesehatan terhadap masyarakat perlu dilakukan secara maksimal lagi di bidang pengawasan.

BACA JUGA:   6 Tahun Berita Sampit: Mencerdaskan di Tengah Badai

“Saya dan yang lain beberapa waktu lalu kita kunjungan ke daerah-daerah ke rumah sakit ada laporan rumah sakit, tingkat kunjungan menurun, jadi pendapatan rumah sakit Kabupaten Barito Utara itu menurun, kunjungan menurun, dari rumah sakit menurun masyarakat banyak yang tidak mau berobat,” ungkapnya.

Menurutnya, bahwa yang perlu diwaspadai adalah penyakit generatif. Penyakit bawaan yang diidap oleh orang itu tiba-tiba meningkat setelah Covid-19 ini berakhir, bahkan orang yang tidak mau ke rumah sakit kemudian dia hanya mengobati sendiri saja di dalam rumah.

BACA JUGA:   Bhabinkamtibmas Langkai Pantau Pembagian BLT dan Pastikan Warga Patuhi Prokes

“Artinya pihak rumah sakit kewalahan dalam mengatasinya perlu diantisipasi rumah sakit rujukan untuk Puskesmas-Puskesmas dalam melakukan penajaman pelayanan kepada masyarakat, bagaimana bisa jemput bola melayani masyarakat supaya nanti kalau ini sembuh tidak membalut diprediksi kita, penyakit generatif ini akan mendominasi nanti kalau Covid ini sudah selesai,” ujar Kuwu Senilawati. (M.Slh/beritasampit.co.id).