Rumkit Bhayangkara Palangka Gelar Simulasi Vaksinasi Covid-19

IST/BERITA SAMPIT - Petugas saat menggelar Simulasi Vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Bhayangkara Tk III Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Terkait kedatangan vaksin Covid-19 yang datang beberapa hari yang lalu, Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Tk III Palangka Raya Polda Kalteng Kompol dr. Anton Sudarto menggelar Simulasi Vaksinasi Covid-19, Kamis 7 Januari 2021. Simulasi dilakukan untuk memetakan protokol pelaksanakan pemberian Vaksinasi Covid-19. Tahap pertama Vaksinasi dilakukan terhadap tenaga kesehatan.

“Ada 104 tenaga kesehatan di Rumkit Bhayangkara Tk III Palangka Raya Polda Kalteng yang akan dilakukan pemberian vaksin Covid-19 dan akan dilakukan skrining awal untuk mengetahui apakah ada yang eksklusi hamil dan komorbid sehingga akan di diskrining (tidak dapat dilakukan vaksinasi),” kata dr. Anton Sudarto.

Kompol dr. Anton Sudarto menjelaskan, pihaknya sudah membentuk tim untuk pelaksanaan vaksinasi, sehingga tenaga kesehatan yang masuk kriteria dan lolos skrining siap dilakukan vaksinasi. Tata cara vaksinasi dimulai dari pendaftaran, skrining, pemeriksaan dokter, vaksinasi, observasi.

BACA JUGA:   Masyarakat Diminta Jaga Kebersihan Lingkungan Cegah Penularan DBD

Pendaftaran dilakukan dengan mengisi data identitas diri, gejala yang sama seperti Covid-19, riwayat penyakit terdahulu. Setelah itu penerima vaksin menuju meja skrining untuk memastikan sesuai kriteria penerima vaksin.

Setelah memenuhi kriteria sebagai penerima vaksin maka dilanjutkan masuk ke ruang layanan vaksinasi. Setelah diberi vaksin selanjutnya menuju meja observasi selama 30 menit untuk melihat apakah terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau tidak.

Usai 30 menit menunggu, penerima vaksin bisa meninggalkan ruangan. Jika terjadi gejala pada saat sampai di rumah atau beberapa hari setelah vaksin, penerima vaksin disarankan segera memeriksakan ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. Penerima vaksin diminta kembali setelah dua minggu kedepan untuk vaksinasi yang kedua.

BACA JUGA:   20.379 Jiwa Terdampak Banjir di Kota Palangka Raya

“Tadi saya sudah menyaksikan dan mengikuti urutan dari prosedur yang harus dilalui untuk melaksanakan vaksinasi. Semoga pelaksanaan pemberian Vaksinasi Covid-19 nanti akan berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Kompol dr. Anton Sudarto juga menekankan agar pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara hati-hati dan dipastikan keamanan serta kenyamanannya. Di samping itu, faktor penyerta yang mungkin akan berdampak negatif terhadap hasil vaksinasi juga harus dipelajari saksama dan dipastikan tidak terjadi. (Hardi/beritasampit.co.id).