Besok Vaksin Sinovac Tiba di Sampit

ILHAM/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kesehatan Kotim, dr. Faisal Novendra Cahyo

SAMPIT – Berdasarkan jadwal yang diterima Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), pada sabtu 9 Januari 2021 besok, Vaksin Sinovac akan tiba di Sampit, dan akan langsung disimpan di UPTD Gudang Farmasi Dinkes, yang disiapkan secara khusus untuk vaksin tersebut.

“Data yang disampaikan dari provinsi ke kami jumlah vaksin yang rencana dikirimkan ke Kotim sebanyak 1.543 desis untuk vaksinasi tahap awal,”kata Kepala Dinas Kesehatan Kotim, dr Faisal Novendra Cahyo, jumat 8 Januari 2021.

BACA JUGA:   Hari Ibu Ke 92 Tahun, Pulau Hanaut Adakan Lomba Hias Taman Bapinang Sunset

Setelah tiba vaksin akan disimpan terlebih dulu, sambil menunggu instruksi selanjutnya dari pemerintah setelah mendapatkan izin vaksin tersebut bisa digunakan.

“Sekitar H-2 atau H-1 jelang pelaksanaan, vaksin-vaksin ini aka segera kita distribusikan ke fasilitas pelayanan kesehatan yang melakukan vaksinasi. Ada sebanyak 22 Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang sudah ditunjuk, dan sudah disiapkan tempat penyimpanannya kulkas vaksin dimasing-masing faskes tersebut,” jelasnya

BACA JUGA:   Buka Akses Jalan, Pemkab dan Puluhan Perusahan Besar di Kotim Tandatangani Kerjasama

Sedangkan sasaran utama vaksin ditahap awal ini adalah diprioritaskan tenaga kesehatan.”jadi akan dilakukan screaning kesehatan, karena memang petunjuk teknis yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan, tidak semua orang bisa dilakukan vaksinasi tahap awal,” lanjut Faisal.

Ditambahkan Faisal, vaksinasi secara nasional akan dilakukan 2 tahapan, setelah tahap awal, pada 14 hari kemudian akan dilanjutkan pada tahap kedua.

(Cha/beritasampit.co.id)