Dewan Tanggapi Minimnya Alat Pemadam Kebakaran di Desa Telaga Pulang

KUALA PEMBUANG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Arrahman menanggapi perihal minimnya alat pemadam kebakaran yang berada di Desa Telaga Pulang, Kecamatan Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan yang harus segera ditingkatkan untuk antisipasi dan pencegahan kebakaran di wilayah setempat.

Hal tersebut berdasarkan, hasil reses Dapil II di akhir Tahun 2020, dimana aspirasi dari masyarakat yang mengusulkan penyediaan bantuan alat-alat pemadam kebakaran di daerah tersebut.

Diungkap Arrahman, dalam upaya menanggulangi kebakaran hutan (Karhutla) masyarakat setempat telah membentuk kumpulan peduli bencana kebakaran, namun sangat di sayangkan fasilitas kelengkapan pemadam kebakaran yang dimiliki masih kurang memadai.

BACA JUGA:   Lima Bulan Buron, Polres Seruyan Tangkap Pelaku Pencurian dan Pemerkosaan

Sementara itu, seperti yang kita ketahui sebentar lagi akan memasuki musim kemarau yang artinya kewaspadaan akan terjadinya karhutla perlu di tingkatkan lagi.

“Kawasan di Desa Telaga Pulang termasuk dalam zona rentan terjadinya karhutla yang disebabkan pembukaan lahan oleh masyarakat setempat secara sengaja dengan cara dibakar,” katanya pada 7 Januari 2021.

Pemerintah daerah dalam hal ini harusnya bisa segera mewujudkan aspirasi masyarakat setempat dengan cara menyalurkan berbagai bantuan alat pemadam kebakaran untuk memfasilitasi kelompok peduli bencana kebakaran di Desa Telaga Pulang.

BACA JUGA:   Satlantas Polres Seruyan Intensif Imbau Warga Gunakan Masker

“Di imbau juga kepada masyarakat setempat agar tidak membuka lahan dengan cara di bakar, selain dapat mengganggu kesehatan, juga akan dikenakan sanksi hukuman sesuai undang-undang yang berlaku,” pungkasnya.