Dokumen Persiapan Provinsi Kotawaringin Diterima Gubernur Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat terima Dokumen Persiapan Provinsi Kotawaringin dari Presidium Daerah Persiapan Provinsi Kotawaringin, Rahmat Nasution Hamka.

KUALA PEMBUANG – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menerima Dokumen Persiapan Provinsi Kotawaringin (DP2K) dari Presidium Daerah Persiapan Provinsi Kotawaringin, Rahmat Nasution Hamka. Acara penyerahan dilaksanakan di halaman Villa, Pesanggrahan Jalan Bakri Entong, Kecamatan Hanau, Kabupaten Seruyan, Kamis 7 Januari 2021.

Dokumen ini berupa Dokumen Kajian Pemekaran Daerah dan Dokumen Studi Calon Ibu Kota Daerah Persiapan Provinsi Kotawaringin. Kegiatan ini diisi dengan Penayangan Profil Calon Daerah Persiapan Provinsi Kotawaringin.

Sugianto Sabran dalam sambutannya menyampaikan berkenaan dengan hal-hal yang melatar belakangi dilakukannya pemekaran Provinsi Kotawaringin, yaitu bertujuan untuk keadilan bagi masyarakat. Selain itu, agar Pemerintah lebih efisien dan efektif dalam melayani masyarakat meliputi keadilan di bidang infrastruktur, bidang pendidikan, bidang perekonomian dan bidang kesehatan.

BACA JUGA:   Vaksinasi Covid-19 di Kalteng Dimulai dari Palangka Raya dan Pulang Pisau

“Terkait wilayah pemekaran Provinsi Kotawaringin di Kecamatan Hanau, Gubernur memberikan beberapa penjelasan, pertama, di Kabupaten Kotawaringin Timur itu berjarak 2 jam, dari Kabupaten Kotawaringin Barat 2 jam, dari Kabupaten Sukamara dan Kabupaten Lamandau jaraknya juga dekat,” kata Sugianto Sabran.

Sugianto akan menurunkan tim dari Pemprov Kalteng untuk melihat secara keseluruhan mulai dari lingkungan, air bersih, agar tidak ada masalah kedepannya.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Genjot Pembangunan Jalan

“Hasil pemantauan, lokasi tidak jauh dari sungai hanya berjarak 2 kg dari sungai, nanti kita akan cek air tanahnya, terus kita persiapkan tempat pertaniannya, pangannya,” ucapnya.

Untuk Daerah pemekaran rencananya akan dibuatkan master plan, membuat perkantoran dan perumahan. “Kita akan membuat lingkungan yang nyaman. Kita akan buat Provinsi smart green dan lingkungannya terjaga,” katanya. (Hardi/beritasampit.co.id).