Vaksin Sinovac Tiba di Sampit Dengan Pengawalan Ketat

ILHAM/BERITA SAMPIT - Proses pemindahan vaksin sinovac oleh petugas ke Gudang Penyimpanan, Sabtu 9 Januari 2021.

SAMPIT – Sekitar pukul 13.06 WIB, Sabtu 9 Januari 2021 siang, vaksin sinovac yang didistribusikan dari Ibukota Palangka Raya Kalimantan Tengah, tiba di UPTD Gedung Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), dengan dikawal ketat petugas kepolisian bersenjata lengkap.

Dengan menggunakan mobil box khusus, vaksin yang dikemas dalam sebuah kardus khusus kemudian dikeluarkan dan dimasukan ke dalam ruang penyimpanan yang telah disiapkan.

“Jumlah vaksin yang kita kirim ke Sampit sebanyak 1.240 dosis, dari awal memang jumlah segitu, dan kalau pengurangan kita tidak tahu,” kata Yulka Susana mewakili Bidang Pengendalian Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Baamang Zona Merah, Sekcam Imbau Tetap Terapkan 3M

Ditambahkan Yulka, vaksin yang dibungkus rapi di dalam kardus sementara tidak boleh dibuka, karena masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Pemerintah Pusat.

“Penggunaan masih koordinasi di pusat, dan sementara tidak boleh dibuka, karena dari petunjuk semula saat tiba ke kabupaten setiba  tunggu petunjuk pusat,” paparnya.

Untuk ruang penyimpanan, secara khusus menjaga kualitas vaksin harus suhu 2 dan 8 derajat celsius. “Namun bisa juga di ruang ber AC dengan kedinginan 16 derajat celsius,” tambahnya.

BACA JUGA:   Jamban Dipinggir Jalan Bakal Ditertibkan

Kata Yulka, untuk proses penyuntikan vaksin, saat ini masih belum bisa dilaksanakan, sebab masih menunggu instruksi langsung dari Presiden Republik Indonesia.

“Untuk penyuntikan secara massal, kita masih menunggu petunjuk Presiden kapan akan dilakukan penyuntikan. Saat ini kita lagi melakukan sosialisasi dan pelatihan tenaga kesehatan yang akan melakukan penyuntikan,” pungkasnya. (Cha/beritasampit.co.id).